10 Jenis Usaha Rumahan yang Menjanjikan

jenis usaha rumahan yang menjanjikan

Bagi mereka yang baru terjun ke dunia bisnis, memilih jenis usaha rumahan yang menjanjikan merupakan keputusan yang tepat, karena selain faktor risikonya lebih kecil dengan modal awal yang tidak terlalu besar, juga memberikan prospek yang cerah untuk bisa meraih keuntungan yang menggiurkan.

Usaha rumahan juga sangat pas bagi mereka yang ingin membuka usaha sampingan, karena tidak dibutuhkan waktu khusus untuk menjalankannya, dalam arti pekerjaan tersebut dapat Anda lakukan di tengah suasana santai saat berada di rumah.

10 Jenis Usaha Rumahan yang Menjanjikan:

Begitu juga untuk ibu-ibu rumah tangga yang ingin memperoleh tambahan penghasilan, usaha rumahan dapat dijadikan pilihan, karena dapat dikerjakan dengan tanpa meninggalkan tugas pokoknya sebagai ibu rumah tangga dalam merawat suami dan mendidik putra-putrinya.

Berikut 10 jenis usaha rumahan yang menjanjikan:

Membuat Souvenir dari Bahan Bekas

jenis usaha kecil rumahan yang menjanjikan

Jika Anda mau meneliti barang-barang yang ada di dalam rumah, tentu akan banyak Anda jumpai barang yang tidak terpakai, begitu juga dengan rumah tetangga kanan-kiri. Dengan sentuhan kreatifitas dan ketrampilan, barang-barang seperti botol bekas, bohlam yang mati, kardus dan kertas bekas, kain perca, serta yang  lain dapat dimanfaatkan untuk membuat aneka kerajinan yang memiliki nilai jual.

Memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan souvenir ini, sangat jarang dilakukan oleh masyarakat, sehingga dari sisi kompetitor relatif sedikit sehingga bisa dijadikan sebagai jenis usaha rumahan yang menjanjikan.

Membuat Kue

Jajanan selalu laku dan dibutuhkan, baik untuk kudapan anak-anak maupun untuk suguhan tamu atau untuk keperluan hajatan. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki hoby membuat kue, tidak ada salahnya mengembangkan hoby tersebut menjadi profesi sampingan, karena dengan membuka usaha pembuatan kue, waktunya juga akan lebih banyak dihabiskan di rumah, sehingga kewajiban sebagai ibu rumah tangga pun tidak terabaikan.

Membuat kue juga merupakan jenis usaha rumahan yang menjanjikan, karena jika ditekuni dengan sungguh-sungguh, hasilnyapun juga cukup besar. Bahkan tidak sedikit mereka yang membuka usaha membuat kue sampai harus menggaji beberapa orang karyawan, karena harus melayani pesanan yang datang setiap hari.

Usaha Catering

jenis usaha rumahan yang menjanjikan - usaha catering

Untuk mereka yang memiliki hobby memasak, salah satu jenis usaha rumahan yang menjanjikan yang dapat dikembangkan adalah usaha catering. Hanya saja, usaha catering ini tidak bisa dikembangkan di sembarang tempat. Butuh lokasi-lokasi khusus, dimana mayoritas penghuninya memiliki keterbatasan waktu dan kemampuan untuk memasak sendiri, seperti di area perkantoran atau disekitar kos-kosan. 

Menjual Alat Tulis Kantor

Menjual alat tulis kantor bisa menjadi jenis usaha rumahan yang menjanjikan jika rumah Anda berada di wilayah tertentu, seperti di kawasan kampus, dekat dengan sekolah atau di sekitar area perkantoran.

Barang-barang yang dijual juga sama dengan toko-toko ATK, hanya saja bisnis ini Anda jalankan di rumah. Karena segala sesuatunya tidak jauh berbeda dengan toko-toko ATK, maka sebaiknya bisnis Anda juga dilengkapi dengan mesin foto copy, karena foto copy berhubungan erat dengan ATK. Jika modal masih belum mencukupi, pengadaan foto copy bisa dilakukan dengan menyewa, membeli bekas pakai (second) atau membeli dengan cara kredit.

Counter Pulsa

jenis usaha rumahan yang menjanjikan dengan counter pulsa

Membuka counter pulsa juga merupakan jenis usaha rumahan yang menjanjikan, karena saat ini setiap orang hampir dipastikan memiliki ponsel  dan setiap ponsel sudah barang tentu harus diisi pulsa secara berkala. Bahkan mereka yang  masih kategori remaja dan anak-anak pun butuh anggaran tersendiri untuk membeli pulsa.

Untuk membuka usaha ini tidak butuh modal yang terlalu besar, karena dengan memanfaatkan teras atau pelataran rumah, Anda tidak butuh anggaran khusus untuk menyewa tempat. Modal yang dibutuhkan hanya untuk membuat/membeli etalase, buku dan bolpoin untuk mencatat nomor, serta modal untuk membeli kartu perdana serta untuk deposit pulsa elektrik. Jika usaha sudah berkembang, dapat ditingkatkan dengan menjual aksesoris ponsel serta jual –  beli ponsel bekas.

Jasa Laundry

Bukti jika jasa laundry merupakan jenis usaha rumahan yang menjanjikan dapat dilihat dari kian menjamurnya bisnis yang satu ini. Jika dulu jasa laundry hanya dapat ditemui di kawasan kampus dan di sekitar tempat kos-kosan, saat ini laundry dapat ditemui di hampir semua tempat.

Banyaknya kompetitor dengan usaha yang sama, bukan berarti akan menutup peluang Anda dalam membuka jasa laundry. Jika Anda jeli dalam membaca pasar, Anda masih memiliki kesempatan untuk memenangkan persaingan, meskipun usaha tersebut dijalankan di rumah.

Kompetitif dari sisi harga, memberikan layanan yang lebih cepat dan lebih bersih, memanjakan pelanggan dengan sistem mengambil dan mengantar cucian kotor dari tempat tinggal pelanggan, serta menyediakan layanan yang komplit, yakni mencuci, mengeringkan dan menyetrika  adalah trik-trik yang bisa dilakukan untuk dapat merebut hati pelanggan dan memenangkan persaingan.

Membuka Warnet

jenis usaha rumahan yang menjanjikan membuka warnet

Meski sudah tidak lagi booming, namun usaha warnet masih tetap menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang menjanjikan. Menariknya, tidak perlu harus menyewa tempat khusus, karena membuka warnet juga dapat dilakukan di rumah, sehingga tanpa harus keluar rumah Anda  sudah bisa memperoleh tambahan penghasilan.

Hingga beberapa tahun ke depan, warnet masih cukup mengundang banyak pelanggan, utamanya anak-anak usia sekolah, karena harga paket data untuk dapat mengakses internet via ponsel saat ini masih terbilang mahal.

Usaha Jahitan

Membuka usaha jahitan termasuk jenis usaha rumahan yang menjanjikan, karena pakaian merupakan salah satu dari kebutuhan pokok. Tidak dapat dipungkiri bahwa pakaian jadi, baik dalam bentuk t’shirt maupun kemeja saat ini lebih disukai masyarakat, selain karena harganya lebih murah, corak dan desainnya juga sangat variatif.

Namun, untuk hal-hal tertentu seseorang merasa perlu untuk menjahitkan pakaian, baik karena menginginkan desain berbeda yang tidak bisa didapat di toko-toko busana, untuk kenyamanan saat dipakai, maupun karena alasan yang lain.

Itu sebabnya, jika memang memiliki ketrampilan menjahit, jangan merasa ragu untuk membuka usaha jahitan, dan jangan merasa pesimis, meski harus bersaing dengan produk-produk pakaian jadi. Selama hasil jahitan berkualitas, pelayanan yang diberikan memuaskan, dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, serta senantiasa mengikuti perkembangan mode, pelanggan akan selalu datang membanjiri tempat usaha Anda.

Les Privat

Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, membuat sekolah saja bagi sebagian orang tua masih dirasa belum cukup, sehingga perlu menambah waktu belajar anak dengan mengikutsertakan ke lembaga bimbingan belajar, atau ke tempat-tempat les.

Peluang ini semestinya tidak boleh dilewatkan oleh mereka yang memiliki kemampuan akademik dan ketrampilan dalam mengajar sebab merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang menjanjikan, mengingat tidak dibutuhkan fasilitas khusus, kecuali menyediakan ruang yang tenang dan nyaman untuk belajar, serta penerangan yang baik.

Membuka Toko Kelontong

jenis usaha rumahan yang menjanjikan - membuka toko kelontong

Dengan modal yang relatif kecil, Anda bisa memanfaatkan sudut rumah untuk membuka toko kelontong dan menjual barang kebutuhan sehari-hari. Tidak butuh keahlian khusus untuk bisa memperoleh hasil dari toko kelontong.

Selama Anda tahu persis, barang apa saja yang dibutuhkan pembeli, utamanya para pelanggan yang notabene adalah tetangga kanan kiri, dan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut lewat barang dagangan yang dijual, maka keuntunganpun sudah dapat dipastikan.

Demikian beberapa jenis usaha rumahan yang menjanjikan jika Anda tekuni dengan sungguh-sungguh dan Anda kembangkan dengan  maksimal.

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply