Dunia Keuangan

Beda Reksa Dana dan Saham

Apa itu Reksa Dana dan Bagaimana Cara Kerjanya? Apa Beda Reksa Dana dan Saham?

1. Apa itu Reksa Dana dan Bagaimana Cara Kerjanya? Apa Beda Reksa Dana dan Saham?

2. Apa saja jenis-jenis reksa dana?

1. Apa itu Reksa Dana dan Bagaimana Cara Kerjanya? Apa Beda Reksa Dana dan Saham?

Izinkan Saya memberi tahu Anda tentang apa itu reksa dana dan bagaimana cara kerjanya. Untuk membuatnya sangat sederhana mari kita ambil contoh yang sangat sederhana misalnya Saya akan melakukan short trip / stay-cation dari Jakarta ke Surabaya.

Saya punya dua pilihan, asumsi pertama misalnya Saya bisa menyetir, maka Saya bisa mengendarai mobil sendiri. Dengan Saya menyetir sendiri, Saya bisa menikmati perjalanan sesuai keinginan Saya. Karena Saya tahu cara mengemudi Saya tahu jalan apa yang harus Saya pilih, Saya tahu rute mana yang akan dan harus Saya tempuh, Saya tahu jalan tikusnya, Saya tahu apa aturan dasarnya dan segalanya. Intinya Saya di asumsikan adalah orang yang mempunyai pengetahuan dasar mengenai mengemudi dan mempunyai pengalaman yang cukup untuk berkendara jarak jauh, Saya lumayan terampil dalam hal mengemudi sehingga Saya dapat memilih cara mengemudi ke mana harus berjalan dan bagaimana caranya bisa sampai ke tujuan.

Pilihan ke dua, Saya tidak terlalu suka mengemudi, atau bahkan Saya tidak bisa menyetir misalnya. Saya hanya ingin mencapai Surabaya tanpa ingin direpotkan dengan segala macam persoalan di perjalanan. Jadi yang bisa Saya lakukan adalah Saya bisa menyewa sopir yaitu seorang profesional yang sudah terbiasa mengendarai kendaraan untuk jarak jauh. Singkatnya sopir sewaan Saya yang mengambil keputusan di jalan, Dia yang menentukan jalan mana yang harus dipilih, rute mana yang di lalui dan kecepatan berapa yang harus dikendarai, di mana harus berhenti. Saya hanya perlu memberi instruksi singkat, keputusan atas kebijakan dalam perjalanan Dia yang atur, intinya Saya hanya perlu memberi tahu dia tujuan akhir saja.

Itulah perbedaan antara investasi pasar saham dan investasi reksa dana.

Dalam investasi pasar saham Anda mengambil keputusan sendiri. Anda tahu ke mana Anda harus pergi, bagaimana Anda pergi, Anda memiliki keahlian dalam hal itu dan Anda memiliki antusiasme  untuk mengeksplorasi segala hal nya.

Tetapi jika Anda tipe orang yang tidak mau repot, atau anda merasa anda kurang mempunyai keahlian atau pengetahuan yang cukup untuk berinvestasi sendiri di pasar saham. Maka lebih baik Anda menyewa profesional dan Dia yang akan mengambil keputusan untuk Anda, itulah yang dilakukan reksa dana. Biasanya di kenal dengan nama Manajer Investasi.

Dengan kata sederhana reksa dana berarti ada manajer Investasi yang mengambil keputusan atas dana yang diinvestasikan kedalam reksa dana. Jadi mari kita pahami pada dasarnya apa yang dilakukan reksa dana. Manajer Investasi mengumpulkan dana dari orang-orang seperti Anda dan Saya. Jadi asumsikan bahwa ada sekumpulan seratus orang dan seratus orang ini memberikan dana atau menginvestasikan sejumlah uang ke reksa dana, maka dana yang terkumpul di reksa dana ini akan menginvestasikan kembali  ke dalam peluang investasi yang berbeda-beda. Reksa dana dapat berinvestasi dalam pasar uang , reksa dana dapat berinvestasi dalam obligasi, reksa dana dapat berinvestasi di salah satu atau keduanya. Dan itu semua tergantung pada tujuan dari skema reksa dana yang dapat di baca di prospectus reksa dana.

Apa sisi positif dari reksa dana. Reksa dana yang diinvestasikan dalam berbagai jalur investasi, reksa dana akan mendapatkan imbal balik / return. Imbal balik / pendapatan ini bisa di peroleh dalam bentuk bunga, keuntungan atau bisa dalam bentuk dividen. Bisa berupa keuntungan antara selisih antara harga pokok dan harga jual yang tepat jadi reksa dana. Jika mereka mendapat keuntungan. Keuntungan ini akan di bagikan kembali kepada pada pemegang reksa dana.

Namun para pemegang reksa dana harus memberikan timbal balik atas keuntungan yang diperoleh. Anggap saja kita membayar biaya jasa sopir.  Dalam dunia reksa dana, biaya jasa ini di kenal dengan nama biaya manajemen atau orang menyebutnya sebagai expense ratio / rasio biaya, rasio biaya ini biasanya berkisar antara 1% hingga 3% dari total jumlah investasi Anda.

2. Jenis reksa dana.

Saya yakin Anda mungkin pernah mendengar tentang beberapa jenis Reksa Dana. Sebut saja Reksa dana saham BNP Paribas, Reksa Dana Bahana, Reksa Dana Sucorinvest, Reksa Dan Eastspring atau Anda mungkin pernah mendengar tentang Reksa Dana Campuran seperti Jarvis Balanced Fund, Schroder, Danareksa dan Reksa Dana Syariah seperti Mandiri Investa Dana Syariah, Manulife Dana Kas Syariah.  

Investor pemula biasanya bingung di mana tepatnya harus berinvestasi dan di mana sebaiknya tidak berinvestasi.

Apa saja jenis-jenis Reksa Dana?

1. Reksa Dana Saham

Reksa dana saham seperti yang Saya jelaskan lembaga reksa dana pada dasarnya akan mengumpulkan uang dari orang-orang seperti Anda dan Saya dan uang yang terkumpul ini kemudian akan diinvestasikan. Dana tersebut kemudian akan diinvestasikan di pasar saham ini akan menjadi reksa dana berorientasi ekuitas atau reksa dana equity atau reksa dana saham.

2. Reksa Dana pendapatan tetap atau Reksa Dana pasar uang

Reksa dana akan mengumpulkan uang dari orang-orang seperti Anda dan Saya tetapi alih-alih berinvestasi dalam saham, namun dana akan diinvestasikan dalam hutang/ obligasi atau ke pasar uang. Dalam obligasi risikonya pasti lebih rendah karena tidak ada hubungannya dengan fluktuasi pasar saham.

3. Reksa Dana Campuran

Dari Namanya tentu kita dapat mengambil kesimpulan bahwa reksa dana ini adalah campuran, namun campuran dari apa? Pada prakteknya bisa berbeda-beda namun biasanya campuran antara reksa dana saham dengan reksa dana pendapatan tetap dengan jumlah persentase alokasi yang berbeda-beda tergantung manajer investasi.

4. Reksa Dana yang berorientasi pada solusi. Dana berorientasi solusi bisa seperti dana pernikahan anak, dana pendidikan anak. Jadi pada dasarnya ini adalah solusi yang berorientasi pada solusi yang anda inginkan setelah beberapa jangka waktu tertentu dan kapan pun saatnya tiba Anda akan mengambil uang dari jenis keempat ini.

5. Reksa Dana Indeks

Dana yang dikumpulkan oleh manajer investasi ini langsung diinvestasikan dalam indeks. Sehingga nilai reksa dana anda akan mengikuti naik turunnya nilai Indeks yang di pilih.