Bisnis Dalam Dunia Musik

Merintis Bisnis dalam Dunia Musik, Cukup Menjanjikan

Kamu suka bermain alat musik atau menyanyi bahkan menciptakan sebuah lagu yang unik, ini bisa jadi ladang rupiah buat kamu lho! Kok bisa?

Bisnis dalam dunia musik
sumber: diymusician.cdbaby.com/musician-tips/new-tax-rules-for-musicians-hobby-real-job/

Perhatikan saja acara di televisi yang mencari bakat menyanyi dan kemudian tenar dengan suara yang indah tentunya merupakan suatu bisnis dalam dunia musik yang cukup menjanjikan bukan? Lagu yang kamu nyanyikan bisa menimbulkan fans yang ikut-ikutan menyanyi (followers) dan tak hanya itu saja, sebuah rumah rekaman akan mengorbitkan kamu menjadi artis.

Tak sekedar di dunia tarik suara saja kamu bisa menggali rupiah, namun kamu perlu melihat beberapa hal yang berkaitan dunia musik sangat prospek untuk masa depan.

Membuka Kursus Vokal

Meski bukan penyanyi terkenal sekelas Syahrini, kamu juga bisa meraup rupiah dengan membuka jasa les bagi siapa saja yang ingin olah vokal. Kamu yang sudah belajar di tempat pendidikan khusus olah vokal pastinya lebih paham detil bahasa musik. Untuk tarif les olah vokal sendiri cukup mahal lho, tetapi bisa mendatangkan keuntungan lebih dari sekedar les saja. Kamu tahu kan artis yang bernama Bunda Berta, beliau merupakan seorang ahli vokal yang sudah banyak melahirkan penyanyi dengan warna suara khas.   

Grup Musik

Pernah mendengar lagu dari Band Seventeen, Noah, Wali atau lainnya?

Kamu bayangkan saja nominal yang telah mereka kantongi selama manggung, ratusan juta rupiah bukan?

Kamu juga pernah mendengar grup musik asal luar negeri “Bond” yang beranggotakan empat wanita cantik yang bermain alat musik instrumen dan menghasilkan nada yang enak sekali didengar. Kesemuanya hasil dari keahlian bermusik yang bertalenta kualitas tinggi. Hal ini dibuktikan dengan karya mereka disenangi oleh para pendengar di dunia.

Rumah Musik atau Studio

Membuka studio musik memanglah membutuhkan modal yang banyak, namun sebagai pemula kamu bisa membuka untuk jasa peminjaman atau bermain di rumah tersebut. Umumnya tarif yang dibandrol per-jam dan boleh memainkan alat musik sesukamu. Jika studio musik kamu sudah dikenal luas oleh orang maka kamu bisa meningkatkan pelayanan dengan menyediakan studio rekaman. Untuk Band Indie bisa mencoba merekam hasil karya dan dikirim ke studio musik yang lebih besar.  

Membuka Toko Alat Musik

Kamu yang hobi bermusik namun daya tarik suara kamu kurang maksimal kamu juga bisa mendapatkan rupiah dari alat musik. Bisnis dalam dunia musik tidak terbatas hanya dalam menyanyi, bermain alat musik saja tapi bisa kamu perluas dengan menjual perlengkapan musik, merchandise musik. Namun, sebaiknya kamu meminta izin dahulu kepada pihak yang berwenang di dalamnya.

Komposer Lagu

Kamu pasti tahu kalau lagu yang ada saat ini merupakan sebuah kombinasi beberapa jenis alat musik yang disatupadukan sehingga terlahir sebuah irama apik nan enak didengar. Orang yang mengkombinasikan disebut dengan komposer musik. Keahlian tersebut tidak mudah karena harus memiliki talenta tinggi tentang dunia musik, dan olah nada melalui komputer khusus. Jika kamu pernah kursus di sebuah lembaga kesenian dan mendapatkan sertifikasi resmi, bisa membuka jasa ini. Untuk tarif yang dipasang memang susah karena berkaitan dengan jasa, tetapi hasilnya akan terlihat saat lagu didengar.  

Dari sekian daftar Bisnis dalam dunia musik manakah yang akan kamu tekuni? Kedepannya akan sangat prospek dan semakin banyak peluang yang bisa kamu temukan tak hanya lima usaha di atas saja asalkan kamu telaten dalam manajemen.

Leave a Reply