/ Saham

Cara Beli Saham

Bingung Prosedurnya? Inilah Cara Beli Saham Bagi Pemula

sumber: shutterstock

Cara beli saham dapat Anda lakukan dengan terlebih dahulu membuka rekening tabungan. Rekening tabungan yang dimaksud bukanlah jenis konvensional seperti milik bank. Namun, rekening tabungan ini khusus untuk jual beli saham. Anda dapat mendatangi perusahaan sekuritas untuk membuatnya. Cara jual beli saham baik itu secara konventional melalui broker di bank, Anda juga akan belajar cara beli saham online. Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset cara jual beli saham online untuk pemula sebelum membeli saham. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca informasi di bawah ini.

Apa itu saham?

sumber: http://analisasaham.org/wp-content/uploads/2017/02/Lima-Saham-Top-Losers-Menurun-Lewati-10.jpg

Definisi saham merupakan kumpulan surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau biasa disebut emiten. Dengan mengerti cara beli saham perusahaan dan kemudian membeli saham perusahaan yang sudah IPO, maka Anda secara langsung juga menjadi pemilik perusahaan tersebut. Jadi, jika perusahaan profit, Anda akan mendapat bagi hasil berupa profit. Sebaliknya, apabila perusahaan rugi, Anda juga ikut merasakannya.  Sebelum Anda memulai bermain saham, ada baiknya Anda mengerti mengenai perencanaan keuangan.

Membuat rekening saham

Cara beli saham di IDX – Bursa Efek Indonesia (BEI)

Kegiatan yang pertama kali harus Anda lakukan adalah membuka rekening di perusahaan sekuritas. Sekarang, banyak sekali perusahaan sekuritas yang menawarkan investasi saham dengan nominal pembukaan rekening tidak terlalu besar. Umumnya, setoran awal yang harus Anda bayarkan adalah sekitar Rp 5.000.000,00. Agar lebih jelas soal saldo minimal saat pembukaan rekening saham, Anda dapat mengunjungi perusahaan sekuritas.

Untuk cara beli saham di Indonesia, cara jual beli saham di IDX (Indonesia Stock Exchange) atau BEI (Bursa Efek Indonesia), kegiatan yang pertama kali harus Anda lakukan adalah membuka rekening di perusahaan sekuritas. Hal ini juga sama jika Anda ingin membeli saham luar negeri atau saham bursa Amerika. Sekarang, banyak sekali perusahaan sekuritas yang menawarkan investasi saham dengan nominal pembukaan rekening tidak terlalu besar. Umumnya, setoran awal yang harus Anda bayarkan adalah sekitar Rp 5.000.000,00. Agar lebih jelas soal saldo minimal saat pembukaan rekening saham, Anda dapat mengunjungi perusahaan sekuritas.

Dokumen yang diperlukan saat pembuatan rekening saham:

  • Foto copy kartu identitas seperti KTP, SIM, Paspor dll.
  • Data alamat tempat tinggal.
  • Data usaha atau pekerjaan.
  • Data ahli waris.
  • Foto copy buku rekening tabungan.

Memilih saham

Setelah melakukan pembuatan rekening saham dan menyetor dana awal, maka Anda sudah bisa untuk melakukan transaksi jual beli saham. Sebelum menerapkan cara beli saham, Anda sebaiknya melakukan riset produk yang potensial untuk investasi. Tujuan Anda melakukan riset saham adalah untuk mendapatkan produk yang kredibel dan mendatangkan profit.

Dalam proses pemilihan saham, terdapat dua skill yang wajib Anda kuasai. Skill yang pertama adalah analisis fundamental. Artinya Anda harus mampu menganalisa kondisi perusahaan tempat menanam saham. Apakah perusahaannya sehat, berkembang dan berpotensi profit? Disamping itu, Anda juga harus memiliki keterampilan menentukan timing pengambilan keputusan berdasar grafik saham. Skill yang kedua ini disebut analisis teknikal. Untuk bursa saham Indonesia, saham yang menarik untuk di perjual belikan adalah saham-saham blue chip seperti saham Gudang Garam, saham Unilever, saham Bank BRI, saham BCA, saham Indofood, dan saham Bank BRI Syariah. Kita berharap startup unicorn Indonesia, yaitu GoJek segera melantai di bursa saham Indonesia. Sehingga sahamnya dapat kita beli dan perdagangkan. Jika saham blue chip di bursa saham global atau America yang menarik adalah saham Google, saham Facebook di Nasdaq.

Membeli produk saham

Sekarang Anda tentu telah memiliki daftar saham yang ingin dibeli setelah melakukan riset. Tahap berikutnya tentu saja melakukan pembelian saham-saham yang ada dalam list Anda. Seiring dengan perkembangan zaman, proses pembelian saham kini semakin mudah. Terdapat dua cara yang dapat Anda terapkan untuk membeli saham.

1. Melalui broker

Broker tidak hanya bertugas untuk membantu Anda dalam aktivitas investasi maupun trading saham. Lebih dari itu, Anda juga bisa memerintahkan broker untuk melakukan pembelian produk saham tertentu. Permintaan order ini bisa Anda sampaikan langsung kepada broker dengan mendatangi tempat membuka rekening saham. Namun, jika Anda tidak mungkin datang langsung, maka bisa menghubungi broker melalui telepon.

2. Melalui aplikasi perdagangan saham online

Pada umumnya, broker telah menyediakan fasilitas pendukung berupa aplikasi jual beli saham online untuk memudahkan nasabahnya. Aplikasi ini dapat Anda install di berbagai perangkat seperti komputer, tablet, laptop dan smartphone. Disini, Anda bisa melakukan proses jual beli saham secara langsung dan online tanpa perantara broker. Saham merupakan salah satu jenis investasi yang populer dewasa ini. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dari kegiatan ini yaitu tentu saja tingginya potensi profit. Investasi saham merupakan langkah yang positif untuk masa depan. Akan tetapi, Anda juga tidak boleh menutup mata soal resiko yang dihadirkannya. Sekarang, apakah Anda sudah yakin menerapkan cara beli saham?

Tags: saham uang

No related post!

Leave a Reply

Must read×
error: Content is protected !!