Cara Membuka Usaha Katering

Analisa, Modal, Keuntungan dan Cara Membuka Usaha Katering

Usaha katering merupakan salah satu bentuk bisnis yang sering menjadi pilihan bagi pengusaha. Selain selalu ada dan laris di kalangan masyarakat, proses menjalankan bisnis ini sangat menyenangkan. Seiring perubahan pola hidup masyarakat yang kini lebih sering memesan makanan daripada memasak sendiri, dapat menjadi peluang besar jika Anda menjalankan bisnis ini. Anda butuh informasi mengenai bisnis katering untuk pemula? Berikut informasi bisnis katering untuk pemula.

Seperti berbagai jenis usaha lainnya, dalam menjalankan bisnis ini diperlukan persiapan yang matang. Dimulai dari perencanaan awal, proses, hingga evaluasi menjadi proses penting. Dalam hal ini, Anda harus mempersiapkan segala hal dengan sebaik mungkin. Ingin tahu lebih lengkapnya? Simak penjelasan cara membuka usaha katering di bawah ini!

Cara Memulai Usaha Katering

Cara memulai usaha katering tidak memiliki suatu teori yang harus diaplikasikan pada suatu usaha. Sebaliknya, Anda dapat memodifikasi hasil perjuangan yang orang lain lakukan dengan situasi, kondisi, dan kemampuan yang dimiliki.

  • Ide dan Motivasi Diri untuk Memulai Usaha Katering

Langkah pertama yang harus dipersiapkan dalam memulai usaha katering yaitu mengumpulkan motivasi yang dapat menjamin usaha Anda. Menjamin dalam hal ini merupakan salah satu alasan bagi Anda untuk terus menjalankan bisnis agar dapat melakukannya secara konsisten. Seperti yang diketahui, menjalankan bisnis tentu memiliki berbagai tantangan dan rintangan yang harus diselesaikan.

  • Tentukan Produk Usaha Katering

Kemudian tentukan produk apa yang akan Anda jual dalam usaha katering yang akan dijalankan ini. Berbagai hal kecil seperti target konsumen, menu yang disajikan, serta keunikan yang ada pada usaha katering Anda dibandingkan dengan tempat yang lain. Hal ini akan membantu Anda untuk memberikan nilai plus jika dilakukan oleh pemula.

  • Tentukan Jenis Usaha Katering

Cara memulai usaha katering juga dapat dilakukan dengan memilih jenis katering yang akan Anda buka. Dalam hal ini, katering memiliki berbagai jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Seperti katering kantor, katering seminar, katering pernikahan, katering ulang tahun, dan lain sebagainya.

  • Berikan Kualitas Produk dan Layanan Terbaik

Dalam bisnis katering untuk pemula, hal utama yang harus ditonjolkan adalah makanan dan minuman yang disajikan. Selain itu, kemasan dalam menyajikan juga termasuk dalam nilai pemilihan usaha katering. Cara memulai usaha katering yang baik adalah dengan memiliki kualitas baik dari segi makanan, minuman, hingga peralatan.

  • Belajar dari Pengalaman dalam Membuka Usaha Katering

Selain itu, Anda dapat mencari pengalaman sebelumnya dengan bekerja di bidang ini terlebih dahulu. Tidak perlu langsung menjadi owner, Anda dapat mencoba untuk menjadi orang yang mempersiapkan katering agar tertata dengan baik. Hikmah dari pengalaman ini dapat Anda gunakan untuk membuka bisnis katering yang sesuai dengan keinginan konsumen.

  • Menentukan Nama Usaha Katering

Langkah selanjutnya Anda dapat menentukan nama untuk usaha katering. Sebagai pemula, buatlah nama yang unik dan baik sebagai salah satu alat untuk mempromosikan bisnis dan sebagai pembawa keberuntungan. Dengan nama usaha yang bagus, maka Anda akan memperoleh tanggapan yang bagus juga dari klien.

  • Pelajari Manajemen Usaha Bisnis

Pelajari manajemen bisnis yang menjadi salah satu aspek yang harus Anda miliki ketika memulai bisnis. Seperti administrasi, keuangan, dan lain sebagainya yang dapat Anda kenali, pelajari, dan terapkan ketika memulai usaha.

Strategi Pemasaran Usaha Katering

Dalam melakukan strategi pemasaran, pastikan untuk selalu melakukannya secara konsisten. Ini kunci bagi bisnis katering untuk pemula. Ketika memulai, Anda harus selalu melakukan dengan sepenuh hati hingga akhir. Hal ini merupakan salah satu aspek yang dapat mensukseskan bisnis Anda. Simak strategi pemasaran usaha katering yang dapat Anda tiru di bawah ini.

  • Mempelajari pesaing

Salah satu strategi yang paling utama yaitu mempelajari pesaing. Dalam lingkungan Anda pasti banyak jenis usaha katering yang memiliki karakternya sendiri. Anda dapat mempelajari berbagai usaha katering lain kemudian menjalankan tiga trik jitu dalam berbisnis yaitu amati, tiru, dan modifikasi.

Dengan ketiga hal tersebut, Anda dapat mempelajari strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha katering lain kemudian memodifikasinya. Banyaknya pesaing disekitar Anda bukanlah hal yang buruk, ketika Anda bisa mempelajari dan mengambil beberapa celah, pasti competitor tersebut dapat menjadi salah satu aspek yang dapat dijadikan penyemangat.

  • Mempercantik kemasan katering

Salah satu aspek yang dapat menjadi salah satu daya tarik yaitu packaging. Jika Anda membuka jasa katering / catering, pastikan untuk memilih pembungkus yang terbaik. Selain dapat menjaga makanan tetap aman, tampilan yang cantik juga dapat menjadi salah satu sarana promosi. Ketika seseorang menggunakan katering Anda kemudian mengunggahnya di media sosial karena tampilan yang cantik,  maka akan menguntungkan bukan?

  • Harga kompetitif

Dalam lingkungan Anda pasti terdapat banyak usaha katering lain yang telah memiliki harga. Ketika membuat usaha katering baru, pastikan untuk memberi harga yang sama dengan usaha yang lain agar dapat memberikan harga yang kompetitif dan tidak merusak harga yang telah ada di pasaran.

  • Menjaga kualitas

Salah satu hal yang utama ketika membuat suatu usaha adalah kualitasnya. Dalam hal ini, kualitas yang harus Anda jaga adalah dari segi rasa makanan, minuman, dan buah-buahan yang Anda sajikan. Tingkat kesegaran dan rasa enak dari makanan tersebut dapat menjadi salah satu aspek yang dapat membuat klien kembali dan menjadi pelanggan tetap.

Selain itu, Anda juga harus menjaga kualitas dari segi pelayanan. Pelayanan yang baik dan cepat dapat menjadi salah satu aspek yang harus dijaga dan ditingkatkan. Karena dalam menjalankan usaha katering harus menjunjung sikap cekatan, fokus, dan ramah. Sehingga dapat meningkatkan mood klien yang memesan katering.

Analisa Modal dan Keuntungan Usaha Katering

  • Modal Awal Usaha Katering
  • Satu set peralatan masak            : Rp. 500.000
  • Satu set wadah makanan            : Rp. 1.500.000
  • Satu set peralatan makan            : Rp. 1.500.000

Total                                                : Rp. 3.500.000

  • Biaya operasional Usaha Katering
  • Bahan makanan                             : Rp. 150.000 x 30 hari = Rp 4.500.000
  • Buah-buahan                                 : Rp. 100.000 x 30 hari = Rp. 3.000.000
  • Gas 3 kg                                           : Rp. 18.000 x 10 = Rp. 180.000

Total                                                : Rp. 7.680.000

  • Pendapatan Usaha Katering

Untuk mengetahui pendapatan, Anda perlu menghitung dengan mensimulasikannya. Misalkan dalam satu menu lengkap makanan berat dan buah-buahan Anda membandrolnya dengan harga Rp. 20.000 per porsi, maka jika dalam satu hari Anda mendapatkan 30 orang pembeli maka dalam satu hari Anda akan memperoleh keuntungan Rp. 600.000.

Jika diakumulasikan dalam satu bulan, keuntungan Anda sebesar Rp. 600.000 dikali 30 yaitu Rp. 18.000.000. Nominal tersebut merupakan pendapatan kotor dari bisnis yang Anda jalankan. Sangat fantastis bukan?

  • Laba Bersih Usaha Katering

Laba bersih dapat diperoleh dari rumus hasil pendapatan dikurangi modal awal dan dikurangi biaya operasional. Jika pendapatan Anda Rp. 18.000.000 – 3.500.000 – 7.680.000 maka hasil yang Anda dapatkan adalah Rp. 6.820.000.

Cara memulai usaha katering di atas dapat menjadi salah satu informasi yang dapat Anda ketahui sebelum menjalankannya. Pastikan untuk mengetahui berbagai tips, cara, serta analisis usaha yang dapat Anda persiapkan sebelumnya. Semoga usaha katering yang akan Anda jalankan dapat berjalan dengan lancar ya. Selamat mencoba!

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply