Cara Mendapatkan Uang dari Design Grafis

Cara mendapatkan uang dari design grafis kini semakin terbuka lebar, karena di era digital seperti sekarang ini, keahlian design grafis sangat dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan.   Kemampuan yang Anda miliki tersebut, tidak hanya dibutuhkan oleh lingkungan di sekitar Anda yang notabene kurang begitu menghargai kemampuan yang Anda miliki dengan memberikan imbalan yang relatif rendah untuk jasa design yang telah Anda berikan.

Kemampuan tersebut juga bisa Anda jual kepada para customer yang ada di luar negeri dengan memanfaatkan jaringan internet, tentunya dengan imbalan yang sangat menggiurkan. Bahkan, penghasilan yang bisa diperoleh seorang design grafis bisa beberapa kali lipat lebih besar dibanding penghasilan rata-rata sesuai dengan standard di Indonesia.

cara mendapatkan uang dari desain grafis

Tentu saja cara mendapat uang dari desain grafis, untuk dapat bersaing dengan para designer yang ada di seluruh dunia, tidak cukup dengan hanya mengusai kemampuan dasar design grafis. Bahkan skill tingkat advanced pun masih harus dibarengi dengan kreatifitas yang tinggi. Jika skill dan kreatifitas sudah dimiliki, terbuka peluang untuk menjadikan kemampuan design grafis sebagai sandaran hidup.

Jika Anda salah satu dari sedikit orang yang memiliki kemampuan mumpuni di bidang design grafis, cara mendapatkan uang dari design grafis berikut ini dapat Anda coba:

Menjadi Kontributor Situs Microstock

Meski bisnis microstocker sudah cukup lama dikenal, namun designer Indonesia masih belum banyak yang memanfaatkan keahliannya untuk menjual karya mereka di berbagai situs microstock, bahkan masih banyak yang belum tahu, seperti apa dan bagaimana bisnis microstocker tersebut. Padahal, cara mendapatkan uang dari design grafis melalui situs microstock cukup menggiurkan.

cara mendapat uang dari desain grafis

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa bisnis microstocker adalah bisnis jual beli karya-karya grafis, baik dalam bentuk foto, background dalam format vector, ilustrasi, template, ikon, karakter, dan berbagai bentuk karya grafis lainnya. Penjualan karya grafis tersebut diwadahi oleh sebuah situs yang lebih dikenal dengan sebutan situs microstock.

Cukup banyak situs microstock yang bertebaran di dunia maya sekarang ini, seperti shutterstock, Depositphoto, istockphoto, Dreamstime, 123rf, fotolia, serta yang lain. Artinya, cara mendapatkan uang dari design grafis merupakan peluang bagi para designer untuk dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang lumayan melalui kemampuan design grafis cukup besar, karena wadah untuk menampung karya-karya mereka cukup banyak.

Selain cara mendapat uang dengan desain grafis itu, karya yang dihasilkan akan dapat menjadi sumber income yang tidak ada hentinya, karena karya tersebut dapat dijual berulangkali. Sebab setiap kali ada yang mendownload hasil design grafis yang Anda buat, maka pundi-pundi dolar akan mengisi wallet digital Anda di situs microstock tersebut.

Jika nilai dollar sudah memenuhi batas penarikan, tinggal melakukan withdraw untuk dikirim ke rekening e-currancy baru kemudian ditransfer ke rekening bank offline. Beberapa platform microstock bahkan ada yang memiliki fitur penarikan dengan fasilitas cek yang langsung dikirim ke alamat Anda.

Creative Marketplace

cara mendapat uang dengan desain grafis

Pasar kreatif yang mulai popular sejak tahun 2006 lewat peluncuran Flashden oleh Cyan Ta’eed dan Juni Rung merupakan cara mendapatkan uang dari design grafis yang bisa dijadikan sebagai alternatif bagi para designer untuk menjual karya-karya mereka.

Berbeda dengan situs microstocker, Creative Marketplace memiliki ruang lingkup yang lebih luas, serta persaingan dan kualifikasi yang lebih ketat, sehingga ketrampilan dan kreatifitas benar-benar diuji untuk dapat sukses mengumpulkan dalam jumlah besar dari platform ini.

Situs-situs yang bergerak di bisnis Creative Marketplace, biasanya memiliki kategori dan spesifikasi tertentu yang harus dipatuhi oleh member agar dapat menjual karyanya, seperti themeforest yang memproduksi web dengan spesialis template berbasis wordpress, serta template mobile, 3docean yang khusus menyediakan gambar dan model 3D, graphicriver dengan brushes photoshop, template design serta vector, photodune yang menyediakan stock fotografi, serta yang lain.

Menjual Jasa di Website Freelancer

Cara mendapatkan uang dari design grafis dapat pula dilakukan dengan memanfaatkan berbagai website freelancer yang menjadi penghubung antara mereka yang membutuhkan jasa design grafis dengan para designer yang menjual skill dan kreatifitas mereka dalam membuat design.

Website freelancer ini tidak hanya terdapat di luar negeri, tapi banyak juga yang dibangun oleh orang Indonesia untuk memfasilitasi mereka yang membutuhkan jasa freelancer serta memberi kesempatan kepada pekerja lepas untuk mendapatkan proyek sesuai dengan bidang yang mereka kuasai, seperti writer, photografer, website developer, serta yang lain termasuk designer.

Banyaknya website freelancer disebabkan karena koneksi internet saat ini telah mempersempit jarak, sehingga proses jual beli, baik dalam bentuk barang maupun jasa, dapat dilakukan cukup dengan duduk di depan komputer atau memanfaatkan smartphone dalam genggaman.

Keberadaan situs yang menjadi cara mendapatkan uang dengan desain grafis yaitu menjadi mewadahi pembeli jasa dan pekerja lepas atau freelancer tersebut tentunya bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari design grafis. Apalagi jasa design grafis saat ini paling banyak dibutuhkan di situs freelancer dengan harga yang juga paling tinggi dibandingkan jasa-jasa lainnya.

Manfaatkan  situs tersebut untuk mendapatkan order dari pencari jasa design di luar negeri yang memberikan imbalan lebih besar dibanding pengguna jasa di dalam negeri. Cukup banyak situs marketplace yang menghubungkan pencari jasa dengan freelancer, beberapa diantaranya adalah: upwork, elance, freelancer.com, jobstreet, jobsDB, peoplehour, freelanceswitch, Fiverr, project.co.id serta yang lain. Tentunya untuk bisa memperoleh proyek dari pemberi kerja di luar negeri, kemampuan berbahasa Inggris dikuasai.

Bagi Anda yang kurang begitu ahli dalam berbahasa Inggris, dapat memanfaatkan website freelancer yang dibangun oleh orang Indonesia dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia dan dimanfaatkan oleh pemberi dan pencari kerja dari Indonesia.

Cara mendapatkan uang dari design grafis dengan memanfaatkan situs freelancer Indonesia ini juga cukup menjanjikan, karena proyek yang dilelang cukup banyak, meski penghargaan dalam bentuk rupiah masih lebih kecil dibandingkan situs yang sama di luar negeri yang memberi penghargaan dalam bentuk dollar.

Indirect Selling Design

Cara mendapatkan uang dari design grafis berikutnya adalah lewat Indirect Selling Design. Maksud dari cara ini adalah: seorang designer bertugas sebagai penyedia design bagi produk yang dibuat dan dipasarkan oleh pihak ketiga.

Produk yang dimaksud bisa berbentuk kartu ucapan, produk apparel seperti kaos, casing produk elektronik dan sebagainya. Situs website yang melayani indirect selling design ini juga cukup melimpah, seperti zazzle dan society6 yang melayani berbagai macam produk, designbyhuman dan tees yang khusus melayani produk apparel, serta yang lain.

Mengikuti Lomba dan Kompetisi Design Grafis

Cukup banyak lomba-lomba dan kompetisi design grafis yang digelar oleh lembaga-lembaga dan instansi-instansi, baik tingkat regional, nasional maupun internasional. Bahkan, jika rajin melakukan browsing di internet dengan memasukkan kata “lomba design grafis”, hampir setiap bulan selalu ada lomba atau kompetisi yang digelar.

Lomba dan kompetisi tersebut bisa menjadi salah satu, karena hadiah yang disediakan rata-rata nilainya cukup besar, mulai dari jutaan, belasan juta hingga cara mendapatkan uang dari design grafis puluhan juta rupiah. Itulah 5 cara mendapatkan uang dari design grafis yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar disela-sela rutinitas mengerjakan desain dari orang-orang sekitar yang kerapkali kurang menghargai skill yang Anda miliki. Jadi jika ditanya sebutkan cara mendapatkan uang dari internet dengan kemampuan desain grafis. Anda sudah mengetahui jawabannya dan bisa mulai menghasilkan uang dari skill dan jiwa seni yang anda miliki. Semangat !

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply