Cara Mendapatkan Uang dari Ebook

Seiring dengan berkembangnya dunia digital, aktifitas membaca tidak hanya dilakukan melalui media cetak dan buku dalam bentuk fisik, namun semakin bergeser ke media online dan buku digital yang populer dengan sebutan ebook. Fenomena itulah yang dapat dimanfaatkan untuk mengais rejeki, yaitu lewat cara mendapatkan uang dari ebook.

cara mendapatkan uang dari ebook

Lewat aktifitas menulis dan menjual atau mengedarkan ebook seseorang akan memperoleh keuntungan, bahkan dalam jumlah yang lumayan besar. Itu sebabnya cara mendapatkan uang dari ebook menjadi potensi yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Termasuk cara mendapatkan uang yang relatif simple.

Cara mendapatkan uang dari ebook:

Proses untuk dapat menikmati keuntungan dari menulis dan menjual ebook atau bisa dibilang cara mendapatkan uang dari internet ebook, dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

Menulis Ebook

cara mendapatkan uang dari internet ebook

Cara mendapatkan uang dari ebook tentunya diawali dengan terlebih dahulu menulis ebook. Buatlah karya tulis dengan topik yang menarik, dibutuhkan banyak orang, serta dikemas dengan judul yang mengundang perhatian dan isi tulisan yang menawan.

Untuk mendapatkan topik yang menarik, bukan persoalan yang sulit. Datanglah ke toko-toko buku, perhatikan koleksi buku yang dijual di toko tersebut dan pelajari topik apa saja yang banyak dibahas buku-buku yang dijual tersebut.

Cara lain adalah dengan mempelajari, persoalan apa saja menarik minat dan ingin diketahui oleh masyarakat. Bahas persoalan tersebut beserta solusinya, dan Anda akan dapat menghasilkan ebook yang istimewah.

Untuk mengetahui minat masyarakat dapat pula dilakukan dengan rajin membaca informasi terkini lewat media online, baik media-media mainstream maupun media sosial. Topik-topik yang viral merupakan salah satu indikator bahwa topik tersebut menarik minat dan perhatian masyarakat sehingga berpeluang laris jika  diangkat sebagai materi ebook.

Masih merasa kesulitan untuk bisa mendapatkan topik yang menarik dengan membaca fenomena sosial? Atau merasa sulit untuk mewujudkan ide ke dalam bahasa tulis? Jika hal tersebut yang Anda alami, cara paling mudah untuk dapat menulis ebook adalah membuat karya tulis berdasarkan apa yang Anda alami dan apa yang Anda ketahui. 

Topik yang menarik saja masih belum cukup, tapi juga harus disajikan dengan bahasa yang menawan serta judul yang mengundang perhatian siapapun untuk membacanya. Sebab judul ibarat bagian depan rumah, seseorang akan tertarik untuk memasuki dan melihat isi rumah tersebut, jika bagian depannya dapat mengundang perhatian.

Agar pembeli ebook tidak merasa kecewa dengan uang yang telah mereka keluarkan, sajikan ebook dengan bahasa yang tertata, enak dibaca dan mudah dipahami. Untuk dapat menulis dengan baik, tentunya butuh belajar dan pembiasaan. Bila perlu pelajari secara khusus ketrampilan mengungkapkan ide lewat bahasa tulis melalui buku-buku panduan membuat karya tulis, bergabung dengan forum-forum penulis serta belajar langsung kepada mereka yang memiliki kemampuan dan telah terjun langsung di dunia tulis menulis. Itulah langkah awal dari cara mendapatkan uang dari ebook.

Membuat Ebook

cara mendapat uang dari ebook

Setelah karya tulis selesai dibuat, langkah berikutnya dari cara mendapatkan uang dari ebook adalah merubah materi yang ditulis dalam bentuk dokumen word ke dalam ebook yang menggunakan file PDF. Cara ini tidak sulit, karena berbagai macam software untuk merubah dokumen word ke dalam PDF dapat didownload dengan gratis dari berbagai sumber. Meski demikian software PDF Converter berbayar lebih disarankan karena lebih compatible.

Cara penggunaan software juga relatif muda, karena selain disertakan petunjuk pemakaian juga dapat dipelajari lewat berbagai tutorial yang dapat dicari melalui search engine, baik tutorial tertulis maupun  tutorial dalam bentuk video yang dapat ditonton melalui channel YouTube.

Untuk membuat ebook juga dibutuhkan gambar atau ilustrasi. Jika materi ebook berupa tutorial yang membutuhkan gambar dalam bentuk foto, tentunya harus terlebih dahulu hunting foto yang sesuai dengan topik yang dibahas. Persoalan akan muncul jika ebook dalam bentuk karya fiksi. Mereka yang tidak memiliki ketrampilan membuat ilustrasi yang bagus, terpaksa harus menyewa jasa illustrator.

Namun ada cara untuk menyiasatinya, yaitu dengan mengambil foto yang sesuai dengan topik yang ditulis, kemudian merubah foto tersebut ke dalam bentuk sketsa, lukisan atau kartun  dengan memanfaatkan photoshop, GIMP, Inkscape, Adobe Ilustrator atau software desain grafis lainnya.

Jika desain grafis juga kurang begitu menguasai, dapat pula memanfaatkan aplikasi-aplikasi Android yang dapat diunduh dengan gratis di Play Store. Setelah diinstal di perangkat smartphone, aplikasi tersebut dapat dipakai untuk merubah foto menjadi gambar dalam bentuk  sketsa, lukisan kartun atau gambar artistik lainnya dengan cara sangat mudah.

Selain aplikasi Android, situs-situs yang memberikan layanan merubah foto menjadi sketsa,  lukisan, kartun atau gambar artistik lainnya dalam berbagai jenis banyak ditemui di internet dan dapat dimanfaatkan secara gratis, seperti: cartoonize, GoArt, AI Portraits Ars, Lunapic dan masih banyak lagi situs sejenis lainnya yang dapat dipakai untuk membantu membuat ilustrasi yang menjadi bagian dari cara mendapatkan uang dari ebook.   .

Menjual Ebook

Setelah ebook selesai dibuat, cara mendapatkan uang dari ebook berikutnya adalah merubahnya menjadi uang dengan menjual ebook tersebut ke publik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat menjual ebook, beberapa diantaranya adalah:

  • Menjual secara langsung dengan memanfaatkan blog atau situs website milik pribadi, atau mempromosikan sendiri lewat forum, media sosial, market place, email marketing, online book store, serta cara yang lain..

Dengan sistem ini Anda akan memperoleh keuntungan sesuai dengan harga jual buku, sehingga cara mendapatkan uang dari ebook lewat penjualan secara langsung ini paling banyak dilakukan para penulis.

  • Cara kedua dengan memanfaatkan sistem affiliasi, yaitu memberi kesempatan kepada orang lain untuk mempromosikan dan menjual ebook yang Anda tulis. Sebagai imbalannya, mereka mendapatkan persentase dari harga jual ebook. Sistem ini memang membuat Anda harus berbagi rejeki dengan orang lain, tapi kemungkinan ebook tersebut terjual dalam jumlah yang banyak jauh lebih besar.

Untuk menerapkan sistem ini, sebaiknya mereka yang mendapat kesempatan untuk mempromosikan ebook yang Anda tulis harus terlebih dahulu membeli ebook tersebut. Dengan membelinya, selain memperoleh ebook, mereka juga mendapat kesempatan menjadi affiliate untuk ikut memasarkan ebook dan mendapat kesempatan meraih keuntungan lewat sistem affiliasi.

  • Cara mendapatkan uang dari ebook untuk sistem penjualan dapat pula dilakukan melalui layanan ebook publishing, seperti Kindle Direct Publishing Amazon, atau untuk pangsa pasar dalam negeri dapat memanfaatkan Gramediana yang juga menyiapkan platform yang dapat dipakai untuk mempublikasikan ebook.

Dengan basis pengunjung yang besar yang dimiliki platform tersebut, memungkinkan ebook yang Anda tulis dapat dipromosikan ke banyak orang dan dengan segmen yang spesifik yaitu mereka yang memiliki hobi membaca.

  • Sistem penjualan lainnya sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari ebook adalah menjalin kerjasama dengan situs market place produk digital, seperti Clickbank. Jika bekerjasama dengan situs marketplace, Anda tidak terlalu repot mengurus penjualan karena semuanya akan ditangani oleh pengelola situs tersebut.

Namun sebagai konsekuensinya, akan diterapkan sharing profit antara pihak marketplace dengan  Anda selaku penulis ebook, termasuk beban biaya jika Anda ingin menerapkan sistem penjualan mereka. Demikian cara mendapatkan uang dari ebook yang bisa Anda praktikkan langkah demi langkah.

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply