Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Fotografi

Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Fotografi

Ketrampilan dalam mengabadikan momen ke dalam bahasa gambar tidak hanya sebatas kesenangan jika Anda tahu cara mendapatkan uang dari hobi fotografi, karena photography memang banyak peluang menjanjikan dari hobi yang mahal ini

Sebagaimana Anda ketahui, tidak sedikit profesi atau pekerjaan yang diawali dari sebuah hobi. Bahkan mereka yang menekuni profesi karena berangkat dari hobi, pada umumnya dapat meraih sukses, sebab mereka menikmati pekerjaan tersebut sehingga dalam menjalankan pekerjaan akan melakukannya dengan senang hati dan bersungguh-sungguh.

Diantara sekian banyak hobi yang dapat dikembangkan menjadi profesi adalah hobi fotografi. Dengan menekuni hobi yang satu ini, seseorang bisa memperoleh finansial dengan nilai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, bahkan bisa lebih untuk seorang fotografer yang mempunyai jam terbang tinggi dan memiliki skill fotografi yang mumpuni.

Berikut cara mendapatkan uang dari hobi fotografi:

Melayani Kebutuhan Lembaga Pendidikan

Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Photography

Banyak sekali kebutuhan lembaga pendidikan yang ada kaitannya dengan aktifitas fotografi, mulai dari pembuatan foto untuk data siswa pada buku induk sekolah, foto rapor dan ijazah, pembuatan ID Card baik guru maupun siswa, pembuatan kalender, pembuatan buku agenda tahunan, mendokumentasikan kegiatan seni dan lepas pisah, dan sebagainya.

Cara mendapatkan uang dari hobi fotografi salah satu diantaranya adalah dengan menangkap peluang dari lembaga-lembaga pendidikan tersebut. Cukup dengan membidik lembaga-lembaga pendidikan, Anda tidak akan pernah kehabisan order, karena hampir setiap bulan selalu ada agenda kegiatan yang membutuhkan kehadiran seorang fotografer.

Keuntungan yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan momen-momen yang ada di lembaga pendidikanpun juga lumayan besar. Salah satu misal untuk pembuatan foto rapor dan ijazah. Jika di satu lembaga SMA misalnya, terdapat 10 kelas dan masing-masing kelas memiliki 35 siswa, maka dalam satu sesi pemotretan ada 350 siswa yang harus dipotret.

Apabila dari setiap siswa Anda bisa memperoleh laba Rp.2.000 – Rp.3.000, maka penghasilan yang bisa Anda peroleh untuk satu sesi pemotretan sekitar = Rp.700.000 – .Rp.1.050.000. Itu hanya dari satu lembaga SMA. Padahal di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda, bisa dipastikan ada lebih dari satu lembaga SMA, belum lagi ditambah lembaga SD dan SMP.

Mini Photoshoot / Photo Booth

Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Fotografi dengan photo booth mini photoshoot

Cara mendapatkan uang dari hobi fotografi berikutnya adalah lewat Mini Photoshoot atau pemotretan untuk momen-momen khusus dan istimewah yang tidak terjadi setiap hari, seperti acara wisuda, ulang tahun, reuni, ghatering dan sebagainya.

Acara-acara khusus tersebut memang tidak terjadi setiap hari, namun dengan semakin banyaknya orang-orang yang memahami pentingnya dokumentasi untuk mengabadikan sebuah momen penting, kehadiran fotografer sudah barang tentu sangat dibutuhkan.

Fee yang diterima fotografer untuk acara-acara semacam ini memang tidak begitu besar karena sifatnya memang “mini”. Tapi dengan banyaknya panggilan untuk mengabadikan momen-momen penting tersebut, fee yang terkumpul dari banyaknya sesi pemotretan tentunya cukup lumayan. Karena itu bisa dijadikan sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari hobi fotografi.

Fotografer Pernikahan

Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Fotografi dengan jadi fotographer pernikahan

Pesta pernikahan bagi sebagian besar orang tidak hanya sekedar prosesi, tapi juga prestise. Lebih dari itu pesta pernikahan merupakan peristiwa yang sangat penting, karena pada saat itu seluruh keluarga besar dari kedua mempelai bertemu dalam satu waktu dan di tempat yang sama.

Itu sebabnya kehadiran seorang fotografer yang handal sangat dibutuhkan oleh keluarga mempelai, dan mereka tidak akan segan-segan membayar mahal untuk jasa yang diberikan seorang fotografer. Sehingga momen ini merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari hobi fotografi.

Saat sekarang untuk pemotretan prewedding, prosesi dan pesta pernikahan, serta foto dokumentasi keluarga, setiap sesinya bisa dihargai hingga lebih dari Rp. 1 juta. Sementara untuk mengerjakan pekerjaan tersebut cukup dibutuhkan 2 – 4 orang. Sehingga hanya dalam satu acara pernikahan saja, seorang fotografer bisa memperoleh penghasilan ratusan ribu rupiah.

Jual Beli Kamera dan Parts

Mereka yang cukup lama menggeluti dunia fotografi tentu akan memahami seluk beluk kamera beserta partsnya. Kemampuan dalam memahami kamera beserta partsnya tersebut bisa menjadi cara mendapatkan uang dari hobi fotografi dengan membuka jasa jual beli kamera dan parts.

Hal ini disebabkan karena tidak sedikit orang-orang yang menyukai fotografi atau memiliki kamera sendiri, namun hanya sekedar tahu cara mengoperasikan, tanpa mengerti secara detail dari kamera yang dimilikinya.

Keterbatasan pengetahuan mereka tentang kamera itulah yang dapat dimanfaatkan dengan menjual jasa jual beli kamera dan parts, baik melayani mereka yang ingin menjual kameranya, maupun menyediakan kamera bekas dengan spesifikasi tinggi dan harga murah buat mereka yang kondisi keuangannya terbatas. 

Membuka Kursus Fotografi

Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Fotografi dengan membuka kursus fotografi

Pengetahuan tentang fotografi tidak semua orang menguasai dan banyak orang yang ingin belajar tentang bagaimana memanfaatkan kamera dengan benar untuk bisa memperoleh hasil foto yang bagus. Minat untuk belajar fotografi tersebut tidak dibatasi oleh usia meski pada umumnya anak-anak muda yang memiliki antusiasme tinggi untuk belajar fotografi.

Pengetahuan tentang teknik fotografi itulah yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mendapatkan uang dari hobi fotografi. Dengan membuka lembaga kursus, selain dapat berbagi ilmu kepada mereka yang membutuhkan, utamanya generasi muda, Anda juga bisa memperoleh pendapatan dengan cara yang sangat menyenangkan.

Jual Foto Lewat Internet

Cara mendapatkan uang dari hobi fotografi yang menjanjikan keuntungan besar adalah dengan menjual hasil jepretan ke sejumlah website yang memberikan layanan jual beli foto. Terrdapat banyak website di dunia maya yang menyediakan layanan ini, seperti: shutterstock, fotolia, dreamstime, istockphoto, bigstockphoto, demandmedia, redbubble dan masih banyak lagi yang lainnya.

Foto apapun hasil jepretan Anda dapat dijual di berbagai website jual beli foto tersebut, hanya saja jika ingin laku terjual alias diunduh oleh pengguna, tentunya harus foto yang berkualitas istimewa. Menariknya, besarnya nilai jual foto tersebut ditentukan oleh Anda sendiri dan keuntungan yang bisa Anda peroleh berkisar antara 15% – 70% dari harga foto.

Hanya saja untuk dapat melakukan aktifitas jual beli melalui website tersebut, Anda harus memiliki e-currency atau sistem pembayaran lewat internet seperti Paypal dan Moneybooker, karena website-website tersebut tidak melayani transfer antar bank.

Mengikuti Lomba Fotografi

Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Fotografi dengan engikuti lomba fotografi

Mengikuti berbagai even lomba fotografi selain untuk mengasah dan mengukur kemampuan juga  merupakan cara mendapatkan uang dari hobi fotografi karena hadiah yang dijanjikan seringkali menggiurkan dengan nilai hingga puluhan juta rupiah.

Cara menghasilkan uang saat ini bisa dari kompetisi-kompetisi fotografi, kerapkali diselenggarakan oleh berbagai lembaga dan institusi, mulai dari tingkat regional, nasional hingga internasional, bahkan bisa dibilang hampir setiap bulan selalu saja ada lomba fotografi yang digelar. Tentunya sangat sayang jika kesempatan tersebut disia-siakan.

Demikian beberapa cara mendapatkan uang dari hobi fotografi yang menjanjikan keuntungan besar. Itu sebabnya, tekuni dengan sungguh-sungguh hobi yang Anda miliki hingga kemampuan yang Anda kuasai setingkat profesional, agar hobi tersebut tidak hanya sekedar menjadi kesenangan, tapi dapat menjadi pekerjaan.

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply