Cara Mendapatkan Uang dari Menggambar

Cara mendapatkan uang dari hobi menggambar patut diketahui oleh mereka yang memiliki hobi dan bakat dalam mencorat-coret kertas atau kanvas, karena bisnis kreatif saat ini merupakan salah satu bisnis yang sedang naik daun. Maksud dari bisnis kreatif tersebut adalah usaha-usaha yang dibangun dari kreatifitas seseorang termasuk menggambar atau melukis. Begitu banyak cara menghasilkan uang. Berikut salah satunya lewat menggambar.

cara mendapatkan uang dari menggambar

Cara Mendapatkan Uang dari Menggambar:

Sehingga dengan ketrampilan seseorang dalam menggambar atau melukis, terbuka kesempatan untuk memperoleh penghasilan yang layak atau bahkan di atas rata-rata, selama mampu menangkap peluang dan mengisi ceruk bisnis pada industri kreatif. Apakah anda mau tahu cara mendapatkan uang dari menggambar anime ?

Berikut berbagai macam cara mendapatkan uang dari hobi menggambar yang dapat dilakukan:

Menggambar Sketsa Wajah

Cara mendapat uang dari gambar yang pertama adalah gambar sketsa wajah. Bagi mereka yang tinggal di wilayah perkotaan, tentu tidak asing lagi dengan profesi pelukis sketsa wajah, karena mereka yang memiliki keahlian melukis sketsa wajah ini biasanya menawarkan jasanya di mall-mall, di daerah kampus, di depan kantor pos, dan di pusat-pusat keramaian lainnya.

Jika Anda memiliki keahlian yang sama, kenapa tidak mencoba menekuni profesi yang satu ini, karena profesi pelukis sketsa wajah merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari hobi menggambar.

Untuk mendapatkan klien, tidak harus dengan membuka lapak di pusat-pusat keramaian, tapi bisa memanfaatkan koneksi internet dengan melakukan promosi sekaligus transaksi via online. Membuat website pribadi untuk menunjukkan kemampuan dan hasil karya Anda sekaligus melakukan promosi, memasang iklan di forum-forum dan media sosial menjadi alternatif yang cerdas untuk mendapatkan pelanggan.

Dengan kemampuan menggambar sketsa wajah, tidak tertutup kemungkinan keahlian yang Anda miliki suatu saat dibutuhkan oleh polisi atau petugas keamanan untuk membantu mereka dalam melacak pelaku kejahatan.

Menjadi Komikus

cara mendapatkan uang dengan hobi menggambar

Cara mendapat uang dari menggambar kedua. Banyaknya penggemar komik, membuat penerbit bacaan bergambar ini dapat tetap eksis dengan menerbitkan komik-komik terbaru, bahkan jumlahnyapun semakin bertambah. Itu artinya menjadi komikus merupakan cara mendapatkan uang dari hobi menggambar yang patut diperhitungkan apabila hobi menggambar tersebut dapat disalurkan lewat kerjasama dengan penerbit.

Meski profesi sebagai komikus masih belum begitu populer di Indonesia, namun seiring dengan pertumbuhan industri kreatif, prospek sebagai seorang komikus, ke depan cukup menjanjikan. Jangan lupa, sejak dulu sudah banyak komikus Indonesia yang sukses menekuni profesi ini dan mereka menggantungkan hidup hanya dari membuat komik, seperti Hans Jaladara, R.A. Kosasih, Ganes TH, jan Mintaraga, Dwi Koendoro, dan masih banyak lagi yang lain, termasuk Harya Suraminata atau Hasmi lewat tokoh manusia supernya “Gundala” yang baru saja difilmkan.

Saat inipun tidak sedikit komikus-komikus Indonesia yang telah diakui dunia, diantaranya: Chriestian Lie yang membuat G.I Joe dan Transformer, Ardian Syaf yang dikontrak DC Studios dan dipercaya menterjemahkan naskah Batman ke dalam bentuk komik, Muhammad Fathanul Haq dan Ockto Baringbing yang sukses meraih Silver Medal dalam International Manga Award yang digelar di Jepang, juga 4 komikus yang dikontrak Marvel Comics yaitu: Ario Anindito, Jessica Kholinne, Miralti Firmansyah dan Rhoald Marcellius.

Jasa Desain Interior

cara mendapat uang dari menggambar

Cara mendapat uang lewat menggambar ketiga yaitu jasa desain interior. Pesatnya pertumbuhan industry property, dibarengi pula dengan meningkatnya kebutuhan akan jasa desain interior. Tidak saja untuk rumah hunian seperti perumahan dan apartemen, tapi juga untuk pusat perbelanjaan, hotel, perkantoran dan pertokoan.

Jika skill menggambar Anda di atas rata-rata, ceruk bisnis tersebut merupakan cara mendapatkan uang dari hobi menggambar yang dapat dimanfaatkan, yakni dengan memberikan jasa desain interior.

Tentu saja selain ketrampilan menggambar yang telah dikuasai, Anda harus mempelajari secara khusus tentang bagaimana membuat desain interior yang baik. Setelah benar-benar menguasai, bangun komunikasi dan kerjasama dengan para pengembang dan Event Organizer.

Menjalin kerjasama dengan pengembang dan Event Organizer sangat diperlukan, sebab tugas dari desain interior tidak hanya sebatas memperindah bangunan atau sebuah ruangan, tapi juga dibutuhkan untuk mendesain sebuah tempat yang akan dijadikan sebagai lokasi untuk menggelar acara pesta, seperti pesta ulang tahun, pesta pernikahan, panggung musik, acara televisi serta yang lain.

Pelukis Henna

Cara mendapatkan uang dari hobi menggambar dapat pula dilakukan dengan menjadi pelukis henna. Lukisan henna pada bagian tubuh wanita, seperti tangan, kaki, serta bagian tubuh yang lain, yang dulu hanya dapat ditemui pada acara pesta pernikahan, penggunaannya rupanya semakin meluas dan digandrungi para wanita sebagai salah satu satu trend mode.

Sehingga lukisan henna kini tidak hanya dipakai saat acara pernikahan saja tapi juga pada acara-acara khusus lainnya. Trend mode ini tentunya menjadi peluang tersendiri bagi mereka yang memiliki ketrampilan menggambar.

Menariknya dari cara mendapatkan uang dari gambar, harga lukisan henna pun juga semakin melambung, dengan kisaran Rp.100.000 sampai dengan Rp.600.000 untuk sepasang tangan, tergantung dari tingkat kerumitan henna yang diinginkan klien. Hal inilah yang membuat profesi pelukis henna dapat dijadikan sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari hobi menggambar.  

Membuka Kursus Melukis

cara mendapatkan uang dari hobi menggambar

Cara mendapatkan uang dari hobi menggambar berikutnya. Di lembaga-lembaga pendidikan, utamanya lembaga TK dan Sekolah Dasar saat ini banyak yang menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler melukis, karena para pendidik sadar bahwa pelajaran menggambar dan melukis dapat merangsang otak serta meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan anak.

Manfaat dari aktifitas melukis yang dapat memacu daya kerja otak tersebut sudah sejak lama disampaikan oleh para ahli setelah melalui serangkaian penelitian. Tidak heran jika banyak orang tua yang tahu dan berbondong-bondong mendaftarkan putra-putri mereka untuk mengikuti kursus melukis.

Peluang ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan dan merupakan cara mendapatkan uang dari hobi menggambar yaitu dengan membuka kursus melukis atau menjadi pembina atau pelatih pada kegiatan ekstra kurikuler melukis. Dengan membuka kursus melukis, selain dapat berbagi ilmu pada generasi penerus bangsa, juga bisa mendapatkan penghasilan.

Bisnis Souvenir dan Aksesoris

Cara mendapatkan uang dari hobi menggambar dapat pula dilakukan dengan menekuni bisnis souvenir dan aksesoris. Hal tersebut disebabkan karena bisnis tersebut erat kaitannya dengan aktifitas menggambar utamanya gambar-gambar vintage untuk mempercantik tampilan t’shirt, gantungan kunci, hiasan dinding dan berbagai jenis souvenir dan aksesoris lainnya.

Bisnis souvenir dan aksesoris tersebut, saat ini juga menjadi peluang yang menggiurkan seiring dengan maraknya pemanfaatan barang-barang bekas untuk dijadikan barang baru yang bisa dimanfaatkan atau yang populer dengan istilah recycle.

Memanfaatkan peluang bisnis yang satu ini tentunya bukan hal yang sulit dan tidak butuh modal besar karena yang digunakan adalah barang-barang bekas alias sampah ditambah kreatifitas serta keterampilan menggambar yang sudah Anda kuasai.

cara mendapatkan uang dari upload gambar

Ini adalah cara mendapatkan uang dari upload gambar. Lomba desain logo bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan bagi mereka yang memiliki hobi menggambar, meski peluang ini tidak bisa dijadikan sebagai penghasilan rutin karena bersifat insidental.

Namun demikian peluang cara mendapatkan uang dengan menggambar, untuk bisa memperoleh uang dalam jumlah yang besar bisa diharapkan dari mengikuti lomba desain logo, karena hadiah yang dijanjikan rata-rata cukup menggiurkan. Terlebih lomba tersebut saat ini seringkali digelar, baik oleh lembaga, institusi maupun perusahaan-perusahaan seiring dengan maraknya pertumbuhan perusahaan startup. Demikian beberapa cara mendapatkan uang dari hobi menggambar yang dapat Anda praktikkan. Selain cara-cara tersebut di atas, masih banyak peluang lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk dapat memperoleh penghasilan dari menggambar, seperti membuat desain undangan, membuat kartu ucapan, menjadi ilustrator, hand lettering atau pelukis kaligrafi dan berbagai peluang lainnya.

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply