Dunia Keuangan

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Cara mendapatkan uang dari Youtube sebenarnya sangatlah tidak susah, terlebih bagi kaum milenial saat ini. Bukan hanya orang muda, para orang tua pun bisa memanfaatkan cara ini di masa pensiun mereka untuk tetap bisa menghasilkan uang. Namun, meskipun cukup mudah, tidak semua orang bisa melakukannya. Untuk menjadi seorang content creator alias Youtuber, dibutuhkan kreativitas yang tinggi serta pemikiran yang selalu out of the box. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk melakukannya, berikut ini langkah-langkah menjadi Youtuber, sekaligus cara mengoptimasikannya hingga menjadi pundi-pundi uang bagi Anda.

Langkah-Langkah Meraup Uang dari Youtube

Setidaknya ada tiga langkah awal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari youtube. Berikut penjelasannya:

1.    Membuat Akun Youtube (Youtube Channel)

Bagi Anda yang belum mempunyai akun youtube, pastinya langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun youtube terlebih dahulu. Adapun caranya, sign ini ke YouTube, kemudian isi semua data form. Atau, agar tidak perlu mengisi form dari awal, Anda juga bisa menggunakan akun Google untuk mendaftar ke Youtube. Beberapa hal yang perlu Anda siapkan saat mendaftar akun Youtube antara lain:

2.    Mengaktifkan Monetisasi Youtube Channel

Setelah mempunyai akun youtube, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan monetisasi channel tersebut hingga berpeluang untuk mengalirkan uang ke dompet Anda. Adapun caranya sebagai berikut:

3.    Menyambungkan / Mengaitkan ke akun AdSense

Setelah monetisasi youtube berhasil, cara mendapatkan uang dari Youtube selanjutnya adalah menyambungkannya ke AdSense. Sebab, di AdSense ini tersedia fitur YouTube Analytic yang berfungsi untuk melakukan track penghasilan Anda. Penghasilan Anda tersebut akan terbayar jika Anda sudah melengkapi atau mengikuti Youtube Payment Threshold yang ada. Apakah setelah menyambung ke AdSense Anda dapat langsung mendapatkan uang? Tentu tidak! Pihak Google Adsense memberikan syarat tertentu untuk bisa mendapatkan penghasilan dari jalur ini, yaitu channel Anda harus mempunyai minimal 4.000 jam waktu nonton dengan 1.000 subscriber selama satu tahun terakhir.

Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi pada YouTube Channel

Untuk mengoptimasi fungsi monetisasi channel youtube Anda, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1.    Membuat Video Menarik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar mendapatkan subscriber dan viewer yang banyak adalah dengan membuat video yang menarik dan banyak disukai penonton. Agar penonton banyak, pastinya ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi dalam membuat video tersebut, antara lain:

2.    Menjual Video di Website Penjualan Video

Setelah video selesai Anda buat, jual-lah di beberapa website komersial dengan mengupload tayangan berupa teaser saja. Lalu, arahkan penonton untuk menonton versi lengkapnya dengan melakukan pembayaran terlebih dahulu.

3.    Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link

Untuk semakin menambah penghasilan dari Youtube, arahkan penonton video youtube Anda ke affiliate link yang Anda miliki. Dengan begitu, bukan hanya video Anda yang mendapatkan viewer banyak, namun juga affiliate marketing yang Anda miliki mempunyai peluang untuk mendapatkan konsumen. Biasanya, cara ini efektif bagi Anda yang mempunyai konten video berupa unboxing dan review gadget atau barang sejenisnya.

4.    Menjalin Kerjasama dengan Sponsorship

Untuk menambah penghasilan, cara lain mendapatkan uang dari Youtube, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan para pemberi sponsorship. Mereka dipersilakan mempromosikan barang dagangan mereka di channel Anda dan memberi fee sesuai perjanjian. Hanya saja, dibutuhkan kemampuan negosiasi yang tinggi untuk bisa meyakinkan mereka agar meletakkan iklan mereka di channel Anda tersebut.

5.    Mengadakan Meet and Greet

Cara lain memonetize channel youtube anda. Pada saat Anda sudah mempunyai fanbase cukup banyak, adakan sebuah acara meet and greet bagi mereka dengan jadwal rutin. Selain untuk mempererat jalinan komunitas, acara ini juga dapat digunakan sebagai ajang untuk berbagai ilmu dan menjual konten-konten baru Anda. Para fans pasti tidak akan sayang untuk mengeluarkan sebagian uang jajan mereka untuk mengikuti acara ini, dan hal ini pastinya akan menambah pundi-pundi uang Anda.

Tantangan Menjadi Seorang YouTuber

Menjadi seorang youtuber memang sangat menguntungkan dan merupakan cara mendapatkan uang dari Youtube sungguh mengiurkan. bukan hanya dari sisi finansial namun juga ketenaran. Namun, ternyata ada banyak tantangan yang harus Anda ketahui jika ingin menjadi youtuber. Berikut ini beberapa di antara tantangan tersebut:

1.    Jumlah youtuber yang sudah ada saat ini sangat banyak. Dan, biasanya setiap youtuber yang sudah terkenal mempunyai fans setia yang tidak akan berpaling ke channel lain. Hal ini memaksa Anda harus berpikir kreatif agar channel youtube Anda bisa lebih menarik dari yang mereka miliki sehingga mampu merebut para viewer mereka. Tidak hanya itu, Anda juga dituntut untuk selalu berpikir membuat konten yang out of the box sehingga berbeda dengan channel lain yang sudah ada.

2.    Harus menjadi selebgram dulu agar mudah mendapatkan subscribe. Mengapa? Sebab, Anda harus membangun basis penggemar terlebih dahulu dari awal. Berbeda dengan para artis yang memang sudah mempunyai penggemar tersendiri. Para penggemar pasti akan langsung menjadi subscriber dari Youtube yang dibuat idolanya.

3.    Peraturan di YouTube semakin ketat. Hal ini memaksa Anda termasuk youtuber yang lain harus hati-hati pada saat mengunggah video untuk dinikmati masyarakat. Sebab, bisa jadi pihak Youtube akan langsung menghapus video Anda jika dianggap melanggar undang-undang dan peraturan mereka.

Hal yang Diperbolehkan dan Dilarang dalam Mencari Uang dari Youtube

1.    Hal-hal yang boleh dilakukan dalam cara mendapatkan uang dari Youtube:

2.    Hal-Hal yang dilarang dilakukan dalam cara mendapatkan uang dari Youtube:

Ketentuan Youtube Partnership Terbaru 2019

Pada ketentuan cara mendapatkan uang dari Youtube terbaru, agar sebuah channel dapat masuk dalam YouTube Partner Program, pihak YouTube mengharuskan video yang ditayangkan mempunyai durasi total selama 4.000 jam dengan 1.000 subscriber dalam waktu 12 bulan terakhir. Adapun keuntungan jika dapat bergabung pada program tersebut, channel tersebut dapat memasukkan link ke website pada akhir video yang ditayangkan. Tidak hanya itu, channel tersebut juga diperbolehkan untuk memasang iklan di video mana saja yang mereka miliki.

Itulah beberapa langkah cara mendapatkan uang dari Youtube. Selamat mencoba! Jika ada langkah-langkah yang ter-update, akan kami tambahkan di kemudian hari. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya dengan menuliskan pertanyaan kalian di kolom komentar atau langsung bertanya langsung melalui email di contact us kami. Atau kunjungi instagram kami. Jangan lupa kami juga bisa pelajari cara mendapatkan uang dari Instagram, cara mendapatkan uang dari Internet, cara mendapatkan uang tanpa modal, cara mendapatkan uang dengan cepat dan halal .