Ciri-Ciri Penipuan Pinjaman Online

Mengenali Ciri – Ciri Penipuan Pinjaman Online
Mengenali ciri – ciri penipuan pinjaman online. Sekarang ini perkembangan teknologi sangat mempengaruhi kehidupan atau aktivitas sehari – hari kita, dari mulai berbelanja, berpergian hingga masalah pinjam meminjam juga sekarang ini bisa dilakukan dengan mudah sekali lewat teknologi seperti internet. Maka dari itu jika kita lihat sekarang ini banyak sekali bermunculan start up fintech atau financial technology di Indonesia. Maka dari itu sekarang ini sangat mudah sekali jika Anda ikuti ingin meminjam uang atau dana untuk modal usaha atau kebutuhan penting lainnya.

sumber: https://www.fortunebuilders.com/wp-content/uploads/2017/01/private-money-lending-800×450.jpg

Tapi tetap saja Anda harus berhati – hati karena sekarang ini juga banyak sekali terjadi penipuan – penipuan yang berkedok fintech, maka dari itu sebelum Anda memutuskan untuk meminjam dana lewat online maka ada baiknya jika Anda mengetahui dan mengenali ciri – ciri dari perusahaan pinjaman online ini, agar Anda bisa lebih meminimalisir tindak penipuan yang akan terjadi pada Anda.

Nah untuk mengetahui ciri penipuan pinjaman online ini maka berikut ini saya akan memberikan beberapa ciri – cirinya :

  • Memberikan penawaran yang cenderung memaksa

sumber: https://asset.kompas.com/crops/CsAy-apNQdX2zL-mqsbku2AcpKc=/0x0:780×390/750×500/data/photo/2016/12/08/1850498Ilustrasi-Fintech780x390.jpg

Ciri yang pertama adalah pastikan bahwa penawaran yang diberikan oleh perusahaan pinjaman online tersebut tidak memaksa Anda untuk mengambil pinjaman dengan terburu – buru. Karena bisanya ketika Anda sedang membutuhkan uang atau dana pastinya Anda akan terburu – buru untuk mengambil tawaran dari mana saja, nah hal inilah yang harus Anda hindari. Karena jika Anda jeli biasanya perusahaan pinjaman online yang ingin menipu akan memberikan tawaran yang lebih bersifat memaksa Anda untuk mengambil pinjaman secepatnya. Hal ini bisa diketahui saat Anda sedang bertanya – tanya mengenai produk pinjaman online tersebut baik via chat ataupun telepon. Jadi jika Anda menemukan penjelasan – penjelasan oleh pihak jasa peminjaman online tersebut terlalu memaksa Anda, maka Anda perlu mencurigai perusahaan jasa peminjaman uang online tersebut dan Anda harus lebih berhati – hati.

  • Memberikan syarat peminjaman yang terlalu mudah
  • Ciri – ciri penipuan pinjaman online yang kedua adalah biasanya mereka akan menawarkan syarat peminjaman yang sangat mudah. Karena jika kita melihat persyaratan yang harus kita lakukan agar dapat meminjam uang di bank atau lembaga resmi lainnya sangatlah rumit dan yang paling utama adalah Anda juga harus memiliki catatan riwayat hutang yang bersih atau tidak ada masalah dengan peminjaman uang yang Anda lakukan dulu. Jadi pastinya jasa peminjaman yang sudah profesional akan mengecek riwayat hutang Anda terlebih dahulu dengan cara mengakses SID atau sistem Informasi Debitur melalui BI checking. Nah jadi jika ada perusahaan jasa peminjaman uang yang tidak memperhatikan hal ini, maka sudah dapat dipastikan bahwa jasa tersebut hanya akan menipu Anda. Nah inilah yang biasanya membuat banyak sekali orang tertipu karena iming – iming syarat peminjaman uang yang sangat mudah.

    sumber: https://www.directlending.com.my/blog/wp-content/uploads/5-warning-signs-of-loan-scam_directlending-848×500.jpg

  • Meminta uang muka
  • Ciri penipuan pinjaman online yang selanjutnya adalah biasanya mereka akan meminta Anda untuk memberikan uang muka terlebih dahulu sebagai syarat utama agar dana yang Anda pinjam cepat cair. Dan biasanya juga mereka memakai alasan bahwa uang muka atau dana tersebut sebagai biaya untuk mempermudah dalam proses administrasi. Padahal sebenarnya memang ada proses administrasi yang harus Anda bayarkan tapi itu hanya sebatas biaya untuk membeli materai jadi pastinya biaya yang dibutuhkan tidak akan terlalu banyak. Maka dari itu jika jasa peminjaman online tersebut sampai meminta uang muka untuk alasan administrasi yang besarnya hingga 1 juta rupiah maja sudah dapat dipastikan bahwa jasa peminjaman tersebut hanya akan menipu Anda dan membawa pergi uang tersebut.
    Mungkin bagi sebagian besar Anda juga ada yang bingung kenapa orang ingin pinjam uang tapi malah diminta untuk mengeluarkan uang juga, jadi logikanya Anda memiliki uang 1 juta dan Anda butuh uang 50 juta pastinya Anda akan rela untuk menukarkan uang 1 juta Anda dengan uang 50 juta yang lebih banyak dan sesuai dengan apa yang sedang Anda butuhkan. Dan pasti jika orang tersebut dalam situasi terdesak maka dia akan langsung mengiyakan tawaran tersebut, sehingga banyak sekali orang – orang di Indonesia yang mudah tertipu karena terdesak oleh keadaan.

  • Meminta informasi atau data diri Anda secara berlebihan
  • Ciri yang selanjutnya adalah si jasa peminjaman online tersebut akan meminta informasi pribadi Anda secara berlebihan, contohnya seperti meminta PIN kartu kredit atau ATM Anda yang bersifat rahasia dan lainnya. Sedangkan jika kita melihat ke jasa peminjaman uang yang sudah terpercaya maka Anda hanya akan disuruh untuk menyerahkan informasi mengenai nomor telepon yang masih aktif, identitas penduduk dan juga alamat e-mail Anda. Jadi jika Anda ingin meminjam ke jasa peminjaman uang online tapi mereka meminta data pribadi Anda maka jangan berikan karena sudah pasti jasa tersebut hanya akan menipu Anda setelah mengetahui data – data pribadi Anda.

  • Memberikan informasi yang kurang valid dan tidak masuk akal
  • Ciri yang berikutnya adalah biasanya jasa pinjaman online yang berniat untuk menipu akan memberikan informasi – informasi mengenai produk pinjaman yang kurang valid dan tidak masuk akal. Selain itu Anda juga harus memperhatikan apakah jasa peminjaman online tersebut sudah masuk dan terdaftar secara resmi di OJK atau otoritas jasa keuangan, nah Anda bisa mengecek lewat website resmi dari OJK. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pastinya jasa peminjaman yang berniat untuk menipu pastinya akan melebih – lebihkan produk mereka agar Anda bisa tergiur dengan tawaran tersebut sampai – sampai informasi yang mereka berikan akan terdengar kurang masuk akal. Maka dari itu jika Anda menemukan beberapa informasi atau tawaran – tawaran yang kurang valid dan tidak masuk akal maka sudah dapat dipastikan bahwa jasa peminjaman uang atau dana online tersebut hanya akan menipu Anda. Maka dari itu Anda harus jangan mudah tertipu oleh tawaran – tawaran yang ditawarkan oleh jasa tersebut, jadi Anda juga harus pintar dan jeli dalam melihat produk – produk yang ditawarkan.

    Nah itulah beberapa ciri – ciri penipuan pinjaman online yang harus Anda ketahui agar nantinya ketika Anda ingin meminjam uang lewat jasa pinjaman online yang sekarang sudah banyak sekali di Indonesia Anda tidak akan mudah tertipu. Karena seiring berkembangnya zaman maka berkembang pula cara – cara penipuan, maka dari itu Anda harus jeli dan teliti, terlebih lagi jika Anda sedang dalam keadaan terdesak dan sangat membutuhkan uang Anda juga harus tetap mencoba tenang dan tidak terburu – buru agar nantinya tidak akan ada penyesalan di kemudian hari.

    Gravatar Image
    Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

    Leave a Reply