/ Karir

Interview Kerja Bahasa Inggris

Mahir Interview Kerja Bahasa Inggris, Ini Dia Rahasianya

Dalam dunia kerja yang dibutuhkan oleh sebuah Perusahaan adalah keyakinan dan loyalitas kuat dari pelamar, namun ada satu hal sebelum Anda masuk ke sana yaitu interview atau wawancara. Jika Anda sedang mencoba keberuntungan di Perusahaan asing pastinya akan mempersiapkan diri dengan kosa kata Bahasa Inggris. Interview kerja menggunakan bahasa inggris, tak cukup hanya menguasai kosa katanya saja namun Anda juga harus tahu tenses atau pola kalimat agar tertata dengan baik saat Interview Kerja Bahasa Inggris. Banyak sekali kegagalan karena satu hal, yaitu ketidakmatangan saat menghadapi serangan pertanyaan dari pihak penyeleksi perusahaan yang Anda lamar. Kunci utamanya Anda harus tenang dan fokus, tak perlu bertele-tele saat ditanyakan hal yang sepele (dengan Bahasa Inggris) agar pihak Perusahaan bisa yakin memilih Anda sebagai bagian dari penentu masa depan Perusahaan.

sumber: www.insidehighered.com/advice/2017/12/06/eight-tips-strong-job-interview-opinion

Perhatikan poin-poin pertanyaan di bawah ini:

Perkenalan Diri

Di awal percakapan interview kerja bahasa inggris, pihak penyeleksi dari Perusahaan selalu akan menanyakan tentang Anda, maka jawablah dengan optimis, padat, berisi, lugas, tidak banyak basa basi. Misalnya, Anda perlu memperkenalkan nama, tempat tanggal lahir, tempat tinggal, pendidikan terakhir Anda, lulus tahun berapa, pernah bekerja dimana dan bidang apa, serta kelebihan dari Anda sendiri. Ketika Anda sedang memperkenalkan diri semacam itu, raut muka dan gelagat Anda jangan gugup dan takut ditanya di pertengahan karena akan mengurangi nilai. Sebaiknya Anda perkenalkan dengan intonasi yang baik, nada bicara dengan senyuman tetapi langsung pada inti.

Tujuan Melamar Di Perusahaan

Tahap kedua biasanya akan ditanyakan tentang Perusahaan yang Anda lamar, seperti tahu dari mana Perusahaan tersebut, profil singkat tentang Perusahaan dan mengapa Anda memilih Perusahaan ini untuk dilamar. Saat melakukan Interview Kerja Bahasa Inggris di bagian ini, Anda cukup menjelaskan dengan detil bahwa Anda berguna bagi Perusahaan tersebut karena memiliki pengalaman atau keahlian dalam hal tertentu. Keahlian Anda itu bisa ditunjukkan dengan sebuah presentasi singkat cukup 10 menit saja agar pihak Perusahaan terkesan dengan Anda. Saat melakukan presentasi, Anda tidak diperbolehkan melihat seisi ruangan, hanya mata pihak penyeleksi Perusahaan dan fokus dengan bahan presentasi Anda. Anda akan dinilai kurang sopan karena hal demikian, ditambah lagi jika Anda terlalu banyak senyum bahkan tertawa maka Anda pasti dinilai menyepelekan dan tidak serius. Hal itu, akan berdampak pada penilaian kinerja Anda di Perusahaan kelak.  

Pengalaman Kerja

Mengenai pertanyaan interview kerja bahasa inggris. Saat Anda ditanya tentang pengalaman kerja, dan mungkin Anda sedikit grogi dan tidak mendengar dengan jelas selalu gunakan kata maaf  (i’m sorry sir, excuse me) sambil mendekatkan sedikit kepala Anda. Jangan pernah sekali saja Anda memerintah pihak penyeleksi Perusahaan dengan kata “can you” atau Anda akan gagal di tahap berikutnya. Contoh interview kerja bahasa inggris. Ceritakan apa saja pengalaman kerja Anda dan berapa lama Anda bekerja, serta ungkapkan dengan detil, jelas deskripsi pekerjaan di tempat sebelumnya sehingga Perusahaan tahu bahwa Anda memang memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh Perusahaan. Jika kamu baru lulus dari bangku kuliah, kamu pasti mengenal sedikit mengenai peluang bisnis untuk mahasiswa, cukup membantu dan baik untuk di baca.

Negosiasi gaji

interview kerja bahasa inggris

Anda telah berhasil meyakinkan pihak Perusahaan dengan sedikit presentasi atau keahlian maka ini saatnya Anda diuji soal gaji. Pertanyaan interview kerja bahasa inggris selanjutnya adalah negosiasi gaji dalam bahasa inggris. Jika ditanyakan mengenai gaji yang diinginkan janganlah Anda menyebutkan nominal pasti karena dinilai kurang sopan. Anda cukup memberikan pernyataan kisaran yang pihak Perusahaan berikan dahulu, misalnya saja Perusahaan bertanya kepada Anda estimasi gaji yang diinginkan. Maka, Anda menjawab dengan nada merendah dan kembalikan lagi dengan bahasa santun bahwa kisaran berapa yang akan diberikan oleh Perusahaan kepada Anda. Ketika pihak Perusahaan memberikan nominal pasti maka Anda bisa menawar dengan bijaksana, jangan terlalu tinggi. Jangan terlalu rendah diri dengan menyebutkan gaji “terserah…”. Karena kamu akan terkesan tidak ada harganya.

Beberapa poin interview kerja bahasa inggris di atas hendaknya bisa Anda jadikan masukan agar lolos dalam Interview Kerja Bahasa Inggris, dan satu saran lagi agar Anda memperbanyak mendengar percakapan resmi yang berBahasa Inggris sehingga tidak gugup saat proses berlangsung.

Tags: karir

author
Author: 
Penulis di duniakeuangan.com. Suka membaca semua hal tentang bisnis, keuangan dan wirausahawan.
No related post!

Leave a Reply

Must read×
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: