Langkah Awal Membuka Usaha

Mau Mulai Usaha Bisnis? Baca Dulu Yuk Beberapa Langkah Awal Membuka Usaha Ini

langkah awal membuka usaha

Usaha bisnis merupakan impian para wanita yang selalu diidam – idamkan, khususnya ibu rumah tangga. Usaha tersebut adalah solusi terbaik bagi wanita yang ingin mendapatkan penghasilan, namun tidak melupakan kewajibannya sebagai seorang ibu. Bagi anda yang ingin merintis usaha tersebut, wajib simak penjelasan mengenai langkah awal membuka usaha bisnis dalam artikel berikut ini.

Langkah Awal Membuka Usaha Bisnis

Nah, ini dia beberapa langkah awal membuka usaha yang perlu Anda perhatikan dan terapkan pada saat pertama kali akan memulai usaha. Pastikan Anda simak baik-baik lagkah awal membuka usaha berikut ini.

Persiapan Awal Tentukan Ide Usaha Bisnis

Persiapan atau langkah awal yang harus Anda lakukan saat akan membuka usaha adalah menentukan ide usaha. Langkah-langkah menentukan ide usaha bisnis bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini.

  • Pilih Bidang Sesuai Minat dan Bakat

Ide usaha bisnis anda dapat diambil dari minat dan bakat yang anda miliki. Dengan begitu anda akan senang dan lebih bersemangat dalam menjalani usaha bisnis tersebut. Selain itu, anda juga dapat menangani masalah yang muncul dengan baik dan tepat karena sudah paham tentang bidang tersebut. Bahkan anda tidak perlu menggunakan tenaga tambahan karena dapat mengatur usahanya sendiri. Dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk gaji.

  • Diskusikan Ide Usaha Bisnis dengan Keluarga

Anda dapat mulai mengawali dengan melakukan diskusi bersama keluarga. Dari diskusi tersebut, anda akan mendapatkan dukungan yang akan membuat anda semakin semangat dalam mendirikan usaha bisnis ini. Namun bila keluarga anda tidak mendukung, anda dapat membuktikan kepada mereka bahwa usaha bisnis tersebut akan sukses dan menghasilkan keuntungan besar. Dengan begitu anda harus bekerja keras untuk membangun usaha bisnis.

Persiapan Modal Awal Usaha

langkah langkah membuka usaha

Lanjut ke langkah berikutnya yakni pastikan Anda mempersiapkan modal awal usaha bisnis untuk menjalankannya.

  • Tentukan Modal Usaha

Selanjutnya anda harus menentukan modal usaha bisnis yang akan dirintis. Lakukan perhitungan dari barang yang paling penting terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar uang anda tidak terbuang secara percuma untuk barang yang belum terlalu penting bagi usaha baru ini. Untuk menekan jumlah uang yang dibutuhkan, anda dapat menggunakan ruangan di rumah yang tidak terpakai. Misalnya halaman rumah, teras, garasi, dan tempat kosong lainnya. Jika tidak ada modal, anda bisa meminjam Modal namun ada bunga pinjaman

  • Segera Simpan Modal Usaha

Langkah awal membuka usaha bisnis selanjutnya adalah segera simpan modal usaha. Artinya adalah setelah anda menentukan besaran modal usaha bisnis dan juga uangnya, segera simpan dengan sebaik baiknya. Hal ini bertujuan agar uang tersebut tidak digunakan untuk membeli kebutuhan sehari – hari. Pastinya seseorang yang memiliki uang banyak, cenderung berperilaku konsumtif. Dengan begitu usaha anda terancam gagal untuk dirintis.  Pelajari juga cara mendapatkan uang dengan cepat dan halal

Pelajari Usaha Bisnis yang Akan Dijalankan

Lanjut, ke langkah awal membuka usaha selanjutnya. Anda bisa mempelajari usaha bisnis yang akan Anda jalankan misalnya seperti berikut ini.

  • Mulai Belajar Administrasi

Administrasi merupakan bagian penting dalam suksesnya usaha bisnis. Oleh sebab itu, mulailah untuk mempelajari administrasi dengan baik dan benar. Perlu anda ingat bahwa jangan pernah menggabungkan uang pribadi dengan uang usaha. Hal ini bertujuan agar anda mengetahui keuntungan yang dihasilkan selama ini. Usahakan untuk selalu mencatat pemasukan dan juga pengeluaran barang dagangan selama proses usaha berlangsung.

  • Tentukan Visi dan Misi Usaha

Sebelum usaha bisnis anda berjalan, anda harus menentukan visi dan misi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar usaha anda memiliki arah dan tujuan yang jelas. Meskipun hanya usaha bisnis, anda juga harus menentukan visi dan misinya. Sehingga akan jelas mengenai modal, tujuan, target, hingga keuntungan yang akan didapatkan. Dengan adanya visi misi tersebut, usaha anda akan selalu terpantau dan berada dalam jalan menuju kesuksesan.

  • Menentukan Waktu untuk Memulai

Membangun usaha bisnis tidak dapat dilakukan dengan tergesa – gesa. Anda harus mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Oleh sebab itu, anda harus cermat dalam menentukan waktu usaha. Bila anda salah sedikit dalam menentukan waktu, maka anda akan mengalami kerugian. Bahkan kerugian tersebut dalam jumlah besar. Misalnya anda membuka usaha kue, maka anda harus memproduksi lebih banyak kue lebaran saat menjelang Idul Fitri.

  • Libatkan Orang Terdekat

Bagi anda yang tergolong pemula dalam merintis usaha bisnis, dapat melibatkan orang terdekat untuk mensukseskannya. Anda dapat melibatkan keluarga, pasangan, dan sahabat untuk meringankan beban anda. Akan lebih membantu lagi bila orang terdekat anda sudah mahir dalam bidang usaha, pastinya usaha anda dapat berjalan sukses kedepannya.

Tentukan Strategi Usaha Bisnis

dasar dasar dalam mencari usaha

Lanjut langkah awal membuka usaha lanjutan setelahnya, Anda bisa coba tentukan strategi usaha bisnis yang akan Anda jalankan. Pastikan Anda membuat usaha bisnis Anda memiliki ciri khas yang unik dibandingkan usaha bisnis serupa yang lainnya. Strategi dalam usaha bisnis yang dapat Anda lakukan misalnya seperti berikut ini.

  • Tentukan Keunggulan Produk

Bila anda memilih usaha yang berhubungan dengan penghasil produk. Maka anda harus memberikan keunggulan dari produk anda. Usahakan keunggulan tersebut berbeda dari produk yang dijual oleh orang lain. Perlu anda ingat bahwa jangan sampai anda meniru keunggulan dan juga produk orang lain. Hal itu akan membuat anda terseret dalam masalah besar. Oleh sebab itu mulailah untuk menawarkan keunggulan dari produk yang anda jual tersebut.

  • Pilih Strategi Promosi secara Tepat

Apalah artinya usaha tanpa adanya strategi promosi yang menarik dan tepat. Sebagus apapun produk anda bila tidak diimbangi dengan strategi promosi, maka tidak akan pernah dikenal banyak orang. Usahakan dalam melakukan promosi harus tepat sasaran. Anda dapat memanfaatkan sosial media sebagai media promosi produk anda. Pastinya produk anda akan mudah dikenal orang, mengingat sudah banyak masyarakat yang menggunakan sosial media.

  • Berikan yang Terbaik

Setelah produk dari usaha bisnis anda dikenal banyak orang, maka langkah selanjutnya adalah berikan yang terbaik. Artinya anda harus jujur dalam memberikan produk jualan anda. Jangan pernah anda mengecewakan para pelanggan anda. Hal ini karena akan mengancam kesuksesan yang sudah anda rintis dari bawah. Seperti kata pepatah bahwa pembeli adalah raja yang harus dilayani dengan baik dan benar. Usahakan selalu menjaga kepuasan pelanggan.

  • Berikan Give Away atau Voucher Promo

Anda dapat menerapkan kegiatan give away atau voucher promo dalam setiap moment. Hal ini bertujuan agar produk anda semakin banyak dikenal oleh masyarakat. Tidak jarang terdapat masyarakat yang ingin mencoba sebuah produk dengan cuma – cuma alias gratis. Bila dia merasa cocok dengan produk tersebut, maka akan kembali lagi untuk membeli produk yang sama. Itulah yang dapat menjadi keuntungan besar bagi usaha bisnis anda.

Tips Langkah Awal Membuka Usaha

Nah, saat akan membuka usaha. Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan setelahnya adalah sebagai berikut ini.

  • Selalu Berasumsi Sukses

Tanamkan pada diri anda tentang kesuksesan. Bila asumsi tersebut selalu ditanamkan, maka anda akan semangat dalam menjalani usaha bisnis yang sedang dirintis. Selama proses jalannya usaha, anda akan banyak menemukan pelajaran baru yang akan membuat mental anda semakin kuat. Bahkan tidak jarang, anda akan menghadapi berbagai masalah dalam menjalankan usaha bisnis ini. Namun anda harus kuat dan jangan pernah patah semangat.

  • Buat Rekening Terpisah

Bila usaha bisnis anda telah berjalan dan mendapatkan keuntungan besar, maka anda harus membuat rekening khusus untuk usaha bisnis anda. Hal ini bertujuan agar uang untuk kebutuhan sehari – hari anda tidak tercampur dengan uang untuk usaha. Dengan begitu akan mudah dalam melihat keuntungan yang anda dapatkan setiap bulannya. Selain itu, anda juga dapat menentukan modal untuk menambah produk baru yang dapat anda jual di toko anda.

Itulah penjelasan mengenai langkah awal membuka usaha bisnis yang wajib anda coba. Saya menyarankan untuk menerapkan langkah – langkah tersebut dengan sebaik mungkin. Hal ini bertujuan agar usaha anda dapat berjalan lancar dan tidak mengalami kegagalan di tengah jalan. Usahakan selalu membuat pelanggan puas, nyaman, dan senang dengan produk dan layanan anda. Dengan begitu mereka akan datang kembali untuk membeli produk usaha anda.

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply