Memulai Usaha Laundry dari Nol

memulai usaha laundry dari nol
memulai usaha laundry dari nol

Cara Mudah Memulai Usaha Laundry Dari Nol, Baca Yuk!

Setiap orang menginginkan usaha yang baik dan dapat menguntungkan bagi penjualnya maupun pembelinya. Semakin berkembangnya zaman, tentunya peluang usaha juga semakin berkambang. Anda dapat memulai usaha lanudry dari nol dengan mudah. Berikut desain tempat usaha laundry yang akan bermanfaat bagi Anda.

Saat ini membuka usaha cukup mudah untuk dilakukan. Bahkan hanya dengan menggunakan smartphone saja, Anda sudah dapat membuka peluang usaha sendiri. Berbeda dengan zaman dahulu, yang memerlukan modal dan tempat untuk memulai sebuah usaha.

Usaha sendiri ada yang menawarkan jasa maupun barang. Salah satunya usaha yang menawarkan jasa adalah laundry. Laundy adalah sebuah bidang usaha yang menawarkan jasa untuk mencucikan baju. Anda dapat memulai usaha laundry dari nol untuk menambah penghasilan Anda.

Tentunya usaha ini tetap dicari oleh masyarakat untuk mencuci baju kotor yang tidak sempat untuk dicuci sendiri. Meskipun terlihat sepele, usaha jasa laundry memiliki banyak keuntungan.

Alasan Memilih Memulai Usaha Laudry Dari Nol

memulai usaha laundry kiloan dari nol
memulai usaha laundry kiloan dari nol

Apakah Anda tahu bahwa membuka usaha laudry merupakan usaha yang menjanjikan? Meskipun jasa laundry terkesan sepele, namun hasil yang akan Anda dapatkan cukup banyak. Anda hanya memerlukan sebuah mesin cuci, maka Anda dapat memulai usaha laundry dari nol.

Mengapa membuka jasa laundry? Karena laundry semakin lama akan semakin dicari oleh masyarakat. Ada beberapa kalangan tertentu yang dapat menjadi pelanggan bagi jasa laundry. Diantaranya adalah:

  • Para Pekerja Kantoran Butuh Jasa Laundry

Orang yang bekerja di kantor, rata-rata memiliki jam kerja yang cukup padat. Dengan hal tersebut, para pekerja kantoran tidak banyak memiliki waktu luang. Bahkan hanya untuk sekedar mencuci baju. Oleh karena itu, para pekerja kantoran membutuhkan jasa laundry untuk membantu membersihkan bajunya.

Kesibukan menjadi seorang mahasiswa menjadikan mahasiswa tidak memiliki waktu luang  untuk sekedar mencuci pakaiannya. Terkadang juga beberapa mahasiswa yang berasal dari kalangan menengah ke atas yang belum terbiasa untuk mencuci pakaiannya memilih jasa laundry. Dengan demikian, banyak mahasiswa khususnya di kota-kota besar yang membutuhkan jasa laundry.

  • Anak Kost

Tidak hanya mahasiswa yang menjadi anak kost, terkadang juga para karyawan pabrik dari perantauan. Bagi para karyawan tentunya tidak banyak memiliki hari libur maupun waktu luang yang cukup banyak. Sehingga tidak sempat untuk mencuci baju. Sehingga membutuhkan jasa laundry untuk membersihkan pakaiannya.

  • Pasangan Suami Istri Yang Sibuk Bekerja

Ada beberapa pasangan suami istri yang sama-sama memiliki kesibukan untuk bekerja. Saat sudah berumah tangga, tentunya memiliki kesibukan yang lebih padat dibandingkan sebelum berumah tangga.

Oleh sebab itu apabila pasangan suami istri yang sibuk bekerja sangat membutuhkan jasa laundry untuk mencucikan bajunya.

Cara Memulai Usaha Laundry Dari Nol

analisa usaha laundry kiloan
analisa usaha laundry kiloan

Peluang usaha laundry memang menggiurkan. Selain mudah untuk dikerjakan, usaha laundry juga memiliki banyak keuntungan. Desain usaha laundry juga bisa kita mix and match dari yang sudah ada.

Anda dapat memulai usaha laundry dari nol dengan berbekal satu buah mesin cuci saja. Atau memulai usaha laundry kiloan dari nol. Selain itu Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara yang mudah untuk membuka usaha laundry. Berikut caranya:

  • Memahami Teknik Mencuci Dengan Baik

Saat Anda menginginkan usaha laundry, tentunya Anda harus memahami terlebih dahulu teknik mencuci yang baik. Serta desain tempat usaha laundry. Karena laundry merupakan jasa untuk membersihkan pakaian kotor. Selain mencuci, membuka usaha laundry juga memerlukan jasa setrika. Oleh karena itu, Anda juga harus berlatih untuk menyetrika yang rapi agar pelanggan merasa puas.

  • Mempersiapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Jasa laundry tidak hanya membutuhkan satu mesin cuci saja. Anda juga memerlukan setrika untuk menyetrika pakaian tersebut, dan berbagai paketan laundry dan peralatan untuk laundry lainnya. Anda dapat mempersiapkan peralatan laundry secukupnya sesuai dengan seberapa besar bisnis yang akan Anda buka. Apabila usaha tersebut sudah berkembang, maka Anda dapat menambah peralatan terseut sesuai dengan kebutuhan.

  • Mencari Lokasi Yang Strategis

Sebelum Anda memulai usaha laundry dari nol. Maka Anda perlu mencari lokasi yang strategis untuk membantu meningkatkan kelangsungan usaha Anda.  Selain itu Anda perlu mencari target pasar yang ingin dituju.

Apabila Anda menginginkan target pasar Anda mahasiswa, maka Anda memerlukan lokasi yang berada dekat dengan kampus. Sehingga usaha Anda dapat dengan mudah untuk maju dan mendapatkan pelanggan yang Anda inginkan.

  • Melihat Tingkat Persaingan

Setelah menentukan lokasi, Anda juga perlu mensurvey tingkat persaingan kompetitor di sekita lokasi tersebut. Hal tersebut berguna untuk mengetahui seberapa penting usaha Anda di sekitar lokasi tersebut. Anda juga perlu memastikan bahwa di lokasi tersebut memiliki daya tarik masyarakat tinggi. Sehingga usaha Anda akan tetap berjalan dan semakin maju.

Saat Anda sudah mempersiapkan keperluan untuk usaha laundry. Maka yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menghitung anggaran yang harus Anda keluarkan untuk memulai usaha laundry. Perlu di analisa usaha laundry kiloan. Anda memerlukan biaya untuk meyewa tempat, membeli peralatan laundry, membayar listrik dan juga membayar air.

Karena membuka usaha memerlukan waktu yang relatif lama untuk mengembalikan modal. Maka Anda perlu menganggarkan dana dan analisa usaha laundry kiloan untuk biaya keperluan usaha Anda kurang lebih selama 3 bulan kedepan.  Hal ini berguna agar usaha Anda tetap berlangsung lama, tanpa kehabisan modal.

  • Memberikan Layanan Yang Memuaskan

Karena usaha ini berupa jasa. Maka yang Anda perlu meningkatkan kualitas usaha Anda dengan cara memberi kepuasan terhadap pelanggan. Apabila layanan yang Anda berikan kepada pelanggan memuaskan, maka pelanggan tersebut akan kembali lagi untuk memakai jasa laundry Anda.

Layanan yang memuaskan dapat Anda berikan melalui tingkat ketepatan waktu dalam pengerjaan pesanan pelanggan. Selain itu Anda juga dapat memberikan sikap ramah dan mudah tersenyum kepada pelanggan, agar pelanggan tersebut merasa nyaman menggunakan jasa Anda.

  • Memberikan Pelayanan Yang Bervariasi

Saat Anda memulai usaha laundry dari nol, Anda perlu untuk melakukan inovasi dan juga varias yang baru agar usaha tersebut semakin maju. Seperti Anda menawarkan cuci express, yang artinya mencuci pakaian hanya membutuhkan waktu 8 jam saja.

Atau dengan pelanggan dapat memilih jenis pewangi pakaian sesuai dengan keinginan pelanggan. Dengan hal tersebut Anda dapat menarik pelanggan untuk menggunakan jasa laundry Anda karena variasi yang Anda tawarkan berbeda dengan lainnya.

  • Melakukan Pemasaran

Setiap pengusaha tentunya menginginkan banyak pelanggan. Sehingga perlu adanya untuk melakukan pemasaran agar dapat menarik minat masyarakat. Pemasaran bertujuan untuk memberitau masyarakat akan jasa yang Anda tawarkan. Siapkan desain usaha laundry anda.

Pemasaran yang dapat Anda lakukan dapat dengan melakukan pemasaran yang sederhana. Yaitu menyebarkan brosur kepada masyarakat ataupun memasang banner. Informasikan paketan laundry Anda. Anda juga dapat memanfaatkan teknologi paketan laundry saat ini, dengan melakukan pemasaran secara online. Tentunya pemasaran online lebih murah dan lebih mudah dibandingkan dengan pemasaran offline.

Bagi Anda yang memulai usaha laudry dari nol, atau memulai usaha laundry kiloan dari nol, perlu adanya tekat yang kuat dan juga kesabaran agar usaha tersebut dapat berjalan sesuai yang Anda inginkan. Semoga ulasan desain tempat usaha laundry di atas dapat membantu Anda membuka peluang usaha laundry. Semoga analisa usaha laundry kiloan bermanfaat dan salam sukses!

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply