Dunia Keuangan

Pandai Mengatur Keuangan Masa Pandemik Covid-19 Dengan Berbagai Cara

Cara mengatur keuangan di masa pandemic covid-19 memang sangat berbeda dengan hari-hari seperti biasa. Semua orang dituntut lebih bijak dan harus memutar otak agar bisa bertahan disaat sulitnya mencari penghasilan. Tidak heran jika pemerintah sering memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.

Pandai Mengatur Keuangan Masa Pandemik Covid-19 Dengan Berbagai Cara

Dampak dari pandemic covid-19 memang sangat luar biasanya karena tidak hanya berpengaruh pada bidang kesehatan. Namun juga merambah pada bidang ekonomi dan menganggu berbagai aktivitas. Banyak perusahaan yang tidak bisa beroperasi seperti biasa sehingga harus melakukan work from home (WFH).

Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah dari rumah tentu membuat keadaan menjadi berubah drastis. Keadaan seperti ini dirasakan oleh semua orang di berbagai negara lain yang terkena dampak covid-19. Agar Anda bisa bertahan maka sangat penting untuk bisa mengatur keuangan secara bijak.

Kenapa Selama Masa Pandemic Covid-19 Harus Bisa Mengatur Keuangan?

Selama masa pandemic covid-19 semua orang memang dituntut harus bisa mengatur keuangan. Hal ini tentu saja dikarenakan penghasilan menurun bahkan banyak yang terkena PHK. Tidak hanya perorangan namun perusahaan besar juga harus memutar otak untuk bisa bertahan di masa sulit ini.

Keadaan seperti ini memang membuat segala aktivitas dibatasi dan hal ini tentu akan sangat menyulitkan. Terutama bagi orang-orang yang harus tetap bekerja diluar selama masa pandemic covid-19. Membuat resiko menjadi lebih besar namun  keadaan dilapangan sangat menyulitkan untuk bisa mencari penghasilan.

Maka dari itu bijak mengatur keuangan di masa pandemic covid-19 sangat penting untuk bisa bertahan. Setidaknya Anda masih bisa membayar tagihan-tagihan dan mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Gunakan cara-cara dan berbagai tips dalam mengatur keuangan agar bisa bijak dan mampu melewati keadaan sulit.

Cara-Cara Mengatur Keuangan Dengan Bijak Selama Masa Pandemic Covid-19

  1. Buat catatan penghasilan dan pengeluaran

Selama pandemic covid-19 disarankan untuk bisa mengatur keuangan dengan bijak dengan beberapa cara. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan membuat catatan penting. Catatan tersebut berisi sumber-sumber penghasilan dan pos-pos pengeluaran. Dengan catatan sederhana membantu mengatur keuangan dan mengetahui digunakan untuk apa saja penghasilan yang didapatkan.

Cara mengatur keuangan yang kedua adalah dengan memilah antara pengeluaran penting atau bukan.  Misal tagihan-tagihan yang terutama ada bunga berjalan harus dibayar terlebih dahulu. Tagihan listrik, air, telepon tentu juga sangat penting serta kebutuhan untuk makan setiap hari. Sedangkan untuk pengeluaran yang dirasa bisa ditunda lebih baik tunda dulu sampai keadaan normal.

Semua orang pasti tidak siap dengan pandemic covid-19 yang ternyata memang sudah menyebar ke berbagai negara. Maka dari itu ketika masa-masa sulit dimana penghasilan tidak menentu seperti saat ini. Sangat disarankan untuk tidak membeli barang-barang yang tidak perlu. Sehingga bisa menghemat uang yang ada dan utamakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Masa pandemic covid-19 disarankan untuk tidak sering aktivitas diluar rumah termasuk pergi ke ATM. Bahkan karena pembatasan berbagai aktivitas membuat ATM terkadang kosong. Maka dari itu demi mengamankan keuangan lebih baik siapkan uang tunai untuk satu bulan. Jadi cukup sekali saja pergi ke ATM dan pegang uang tunai saja.

Mengatur keuangan tentu akan sangat mudah jika uangnya ada, namun jika tidak ada penghasilan tentu membuat pusing. Maka dari itu untuk bisa mengatur keuangan secara bijak sebaiknya cari penghasilan lain. Mencari penghasilan lain diluar selama masa pandemic covid-19 sangat tidak mungkin, jadi cari penghasilan lain dari rumah saja.

Akibat Jika Tidak Bisa Mengatur Keuangan Di Masa Pandemic Covid-19

  1. Tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari

Banyak orang yang masih kesulitan dalam mengatur keuangan namun jika hal ini terus dilakukan tentu ada akibatnya. Mengingat mencari penghasilan di masa pandemic covid-19 sangat sulit dan bahkan penghasilan bisa menurun. Akibat yang paling mungkin terjadi yaitu Anda tidak bisa mencukupui kebutuhan sehari-hari dan bahkan bisa menjadi kekurangan.

Akibat lain jika tidak mampu mengatur keuangan secara bijak yaitu tagihan akan menjadi kacau. Jika tagihan sudah kacau maka dijamin akan menjadi stres dan hal ini membuat keadaan semakin rumit. Apalagi tagihan yang tidak terbayarkan ada bunga berjalan setiap bulannya. Sehingga akan terus membengkak jika tidak dibayar selama berbulan-bulan.

Tidak bisa mengatur keuangan selama pandemic covid-19 membuat Anda akan terlalu konsumtif. Hal ini dikarenakan antara kebutuhan penting tidak dibedakan dengan kebutuhan lain. Sehingga kebutuhan konsumtif masih terbawa padahal pendapatan sudah menurun. Padahal dengan mengatur keuangan secara bijak membantu mengontrol agar tidak terlalu konsumtif dan melakukan pemborosan.  

Tips Agar Bisa Mengatur Keuangan dan Tidak Pusing Di Masa Pandemic Covid-19

  1. Manfaatkan setiap diskon dan promo

Ada beberapa tips agar bisa mengatur keuangan dan tidak pusing di masa pandemic covid-19. Pertama dengan memanfaatkan setiap diskon dan promo yang ada sehingga lumayan menghemat. Misalnya diskon dan promo berbagai bahan makanan di minimarket terdekat. Bisa juga promo kuota internet yang saat ini banyak ditawarkan dengan harga murah.

Lakukan penghematan pada makanan misalnya dengan memasak sendiri dirumah selama masa pandemic covid-19. Memasak sendiri membuat Anda bisa lebih hemat dalam mengatur keuangan. Serta jangan memasak terlalu banyak namun secukupnya saja dalam satu hari. Sehingga keuangan bisa lebih aman dan tidak boros selama masa pandemic covid-19.

Kebiasaan berbelanja terlalu berlebihan tidak akan menjadi masalah jika keadaan baik-baik saja. Namun ketika ada pandemic covid-19 seperti sekarang ini tentu melakukan pemborosan jika belanja terlalu banyak. Utamakan untuk membeli bahan makanan dan barang-barang yang dibutuhkan saja. Mengingat pandemic covid-19 di Indonesia belum tahu pasti kapan bisa segera berakhir.

Mengatur keuangan tidak selamanya harus berfokus pada uang yang dimiliki saja dan pusing dengan berbagai catatan. Anda bisa mengatur keuangan secara bijak dengan melakukan berbagai langkah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam aneka sayur. Jadi budget untuk membeli sayur bisa dihemat lagi untuk biaya lain.

Membuat catatan keuangan secara bijak dan sudah terinci dengan baik tentu akan sangat percuma jika tidak dilakukan. Sangat penting untuk disiplin pada catatan yang sudah dibuat agar bisa diterapkan dengan baik. Sehingga usaha untuk mengatur keuangan tidak akan pernah sia-sia. Karena berhasil tidaknya mengatur keuangan kembali ke masing-masing orang.

Mengatur keuangan di masa pandemic covid-19 memang tidak semudah hari-hari seperti biasanya. Hal ini dikarenakan segala aktivitas harus dikurangi dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Sehingga penghasilan ikut turun dan harus bijak dalam mengelola keuangan yang ada. Ikuti cara-cara mengatur keuangan secara bijak untuk membantu Anda bertahan selama pandemic covid-19.