Pekerjaan Sampingan di Masa Pandemik Covid-19 sebagai Alternatif Penghasilan

Banyak negara yang terkena efek dari pandemic covid-19 termasuk juga negara Indonesia. Sehingga secara langsung berdampak pada semua segmen atau bidang dan mempengaruhi penghasilan. Bahkan PHK secara besar-besarnya sudah terjadi dimana-mana sehingga membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Hal ini tentu akan menimbulkan masalah baru tanpa adanya penghasilan di masa pandemic.

Walaupun masih bekerja ternyata banyak orang yang harus kehilangan pendatapan atau omzet hingga 90%. Selama masa pandemic covid-19 memang sangat sulit untuk bertahan jika tidak pandai memutar otak. Maka tidak heran jika banyak orang yang mencari pekerjaan sampingan agar bisa bertahan mencukupi kebutuhan.

Beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan yang sangat mudah dilakukan dan tentu memberikan penghasilan. Siapapun dijamin bisa melakukan pekerjaan sampingan yang direkomendasikan dibawah ini. Ada banyak manfaat yang didapatkan jika mengerjakan pekerjaan sampingan selama masa pandemic covid-19. Serta ada juga beberapa tips agar pekerjaan sampingan benar-benar bisa memberikan penghasilan.

Pentingnya Memiliki Pekerjaan Sampingan Selama Pandemic Covid-19

Pekerjaan Sampingan di Masa Pandemik Covid-19 sebagai Alternatif Penghasilan
Pekerjaan Sampingan di Masa Pandemik Covid-19 sebagai Alternatif Penghasilan

Tahukah Anda sulitnya masa-masa pandemic covid-19 membuat banyak orang harus kehilangan pekerjaannya. Maka dari itu sebelum keadaan lebih buruk sangat penting untuk memiliki pekerjaan sampingan. Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa memberikan penghasilan. Asalkan mau berusaha dan mencoba serta terus mau belajar agar apa yang dilakukan bisa berhasil.

Banyak orang yang belum mengetahui betapa pentingnya memiliki pekerjaan sampingan selama pandemic covid-19. Bahkan ada juga yang belum tahu kalau pekerjaan sampingan ternyata masih cukup banyak. Dari pekerjaan sampingan yang terlihat sepele membuat Anda bisa mendapatkan penghasilan. Disaat masa-masa sulit seperti ini tidak ada yang mustahil jika terus berusaha.

Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Masa Pandemic yang Memberikan Penghasilan

  1. Membuat masker kain

Rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan selama masa pandemic covid-19. Pertama Anda bisa membuat masker kain mengingat saat ini masyarakat Indonesia sangat disarankan memakai masker. Jadi peluang bisnis masker masih sangat terbuka lebar untuk siapapun termasuk Anda. Apalagi membuat masker kain tidaklah rumit dan bisa dipelajari dengan sangat mudah.

  • Menjadi tenaga freelance

Rekomendasi pekerjaan sampingan lainnya adalah dengan menjadi tenaga freelance. Saat ini semua serba digital dan tentunya akan memberikan peluang tersendiri. Misalnya dengan bekerja sebagai ojek online, admin media sosial perusahaan freelance, marketing freelance. Anda hanya perlu aktif mencari informasi lowongan kerja freelance di internet.

  • Penulis lepas

Bagi Anda yang suka menulis atau memang memiliki hobi menulis maka bisa memilih pekerjaan sampingan sebagai penulis lepas. Saat ini dengan menjadi penulis lepas bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah. Agar artikel yang dibuat bisa menarik maka tingkatkan kemampuan dalam menulis dan pengalaman selalu diutamakan.

  • Berjualan barang-barang online

Berjualan barang-barang online saat ini memang sudah menjamur namun bukan berarti peluang tidak ada. Apalagi pada masa pandemic covid-19 seperti ini orang-orang disarankan untuk dirumah saja. Maka dari itu manfaatkan peluang yang ada untuk berjualan barang-barang secara online. Terutama barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak, mie dan lainnya.

  • Membuat aneka frozen food

Rekomendasi pekerjaan sampingan yang masih memiliki peluang tinggi ditengah masa pandemic covid-19. Salah satunya adalah frozen food, Anda bisa membuat aneka makanan frozen food yang enak dan sehat. Terutama makanan-makanan yang disukai oleh anak-anak dan bisa ditawarkan secara online. Makanan frozen food bisa tahan jika disimpan dikulkas dan sangat dibutuhkan.

  • Guru les online

Selama masa pandemic covid-19 anak sekolah belajar dirumah dan tidak diliburkan. Menjadi peluang menguntungkan karena banyak orang tua yang tidak telaten mengajari anaknya. Melihat peluang seperti ini Anda bisa menjadi guru les secara online sebagai pekerjaan sampingan. Tentunya harus menguasai materi dan mampu menyampaikan dengan baik agar mudah dipahami.

  • Berkebun aneka sayur

Rekomendasi pekerjaan sampingan yang terakhir adalah dengan berkebun aneka sayur. Saat ini berkebun tidak harus memiliki tanah yang luas dan bisa manfaatkan lahan seadanya. Hasil dari kebun tersebut bisa Anda jual mengingat saat pandemic covid-19 harga sayur lebih mahal. Apalagi sayur yang ditanam tanpa obat-obatan kimia tentu lebih menyehatkan.

Tips Agar Pekerjaan Sampingan Bisa Memberikan Alternatif Penghasilan Cukup Besar

  1. Pilih pekerjaan sampingan yang dikuasai

Agar pekerjaan sampingan cepat memberikan penghasilan maka pilihlah pekerjaan yang dikuasai. Misalnya Anda memiliki kemampuan menulis bagus maka bisa memilih menjadi penulis lepas. Jika suka dengan tanaman tidak ada salahnya berkebun sampai jualan online. Semua bisa dicoba dan tentunya akan memberikan penghasilan sedikit demi sedikit daripada tidak sama sekali.

  • Jangan fokus ke penghasilan tapi pekerjaan

Tips lain dalam melakukan pekerjaan sampingan adalah dengan tidak fokus ke penghasilan dulu. Fokus dulu ke pekerjaan yang ditekuni dan berusaha agar pekerjaan tersebut bisa jalan dulu. Jika Anda berusaha secara maksimal menjalankan pekerjaan sampingan. Maka dengan sendirinya akan mendapatkan penghasilan dan akan terus lebih besar lagi.

  • Lakukan semaksimal mungkin

Tips agar pekerjaan sampingan bisa memberikan alternatif penghasilan yaitu dengan lakukan semaksimal mungkin. Semakin serius dan semakin berusaha maksimal maka tidak ada yang sia-sia serta pasti menghasilkan. Jangan pernah ragu dulu untuk mencoba dan terus belajar apapun yang ditekuni. Dengan begitu pekerjaan sampingan yang dilakukan dijamin mampu memberikan penghasilan.

Manfaat Mendapatkan Alternatif Penghasilan Selama Masa Pandemic Covid-19

  1. Mendapatkan penghasilan dari sumber lain

Mendapatkan alternatif penghasilan selama masa pandemic covid-19 akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya yaitu mendapatkan penghasilan dari sumber lain. Jika sumber penghasilan utama sedang mengalami kendala karena pandemic covid-19 tentu Anda tidak perlu pusing lagi. Hal ini dikarenakan ada sumber lain yang tentunya akan sangat menguntungkan dari pekerjaan sampingan.

  • Mengamankan keuangan selama pandemic

Manfaat lain jika mendapatkan alternatif penghasilan adalah mengamankan keuangan selama masa pandemic covid-19. Penghasilan selama pandemic covid-19 memang tidak menentu dan membuat keuangan menjadi kacau. Maka dari itu agar keuangan bisa aman perlu adanya jaring pengaman yang didapat dari pekerjaan sampingan. Sehingga tidak perlu bingung soal keuangan bahkan sampai masa pandemic covid-19 berakhir.

  • Bisa lebih tenang menghadapi pandemic

Jika Anda memiliki pekerjaan sampingan dan mendapatkan penghasilan lain tentu bisa lebih tenang. Perasaan tenang karena memiliki penghasilan lain selama masa pandemic covid-19 sangat dibutuhkan. Pikiran tenang dan tidak panik akan membuat imun tubuh menjadi meningkat. Sehingga tidak mudah sakit dan bisa fokus ke pekerjaan sampingan saja untuk mencari penghasilan.

Memiliki pekerjaan sampingan selama masa pandemic covid-19 sangat penting karena banyak manfaatnya. Ada beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan selama masa pandemic covid-19. Pekerjaan sampingan akan mampu memberikan alternatif penghasilan apabila serius dalam melakukan dan berusaha maksimal. Sehingga akan membantu menjaga keuangan dan membuat tenang saat masa pandemic covid-19.

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply