/ Wirausaha

Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Rumahan Pemula Tanpa Modal dan Menguntungkan

Daftar Peluang Bisnis untuk Mahasiswa : Part Time Job

Menjadi mahasiswa merupakan tahapan kehidupan selanjutnya sesudah lepas dari jenjang sekolah menengah atas (SMA). Belajar di bangku perguruan tinggi merupakan suatu masa-masa belajar yang sangat menyenangkan. Apakah kamu tahu bahwa selagi belajar, kamu juga bisa menghasilkan uang sebagai penghasilan sampingan dengan bisnis. Apakah kamu mau mengetahui bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan, mudah-mudahan tanpa modal atau dengan modal seminimal mungkin (maklum mahasiswa tidak banyak uang). Banyak juga loh mahasiswa yang sukses berbisnis. Ada yang memulai dari bisnis rumahan, bisnis makanan ringan dengan modal rendah bahkan tanpa modal. Untuk mengetahui apa itu wirausaha, dapat membaca di postingan tentang apa itu wirausaha berikut ini. Berikut saya akan memberikan inspirasi daftar bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil.


Bisnis untuk mahasiswa di antaranya menulis artikel online, membuka usaha bimbingan belajar, tentor les privat, bisnis pulsa, dan bisnis online shop. Usaha-usaha ini sangat cocok bagi mahasiswa semester akhir. Biasanya mahasiswa tingkat akhir membutuhkan biaya tambahan untuk skripsi, penelitian, buku, dan kebutuhan lain. Bisnis yang dilakukan tidak memakan waktu banyak, jadi masih bisa mengerjakan tugas akhirnya. Bahkan mahasiswa yang berada di tingkat 3 atau 4 pun dapat mengikuti usaha ini serta dapat melakukan aktivitasnya sebagai mahasiswa.

Penulis Artikel Online

sumber: https://www.mediabistro.com/wp-content/uploads/2016/12/how-become-ghostwriter.jpg

Penulis artikel menjadi salah satu usaha bisnis rumahan untuk mahasiswa yang sangat diminati oleh berbagai kalangan karena bisa dikerjakan di rumah atau di mana saja. Asalkan punya ide-ide cemerlang yang dapat dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Penulis artikel online hanya memerlukan modal paket internet serta butuh beberapa jam saja untuk menyelesaikan artikel. Selain media online, surat kabar juga membuka lowongan penulis untuk beberapa kolom. Namun memang tingkat kesulitan agar artikel kita bisa diterima agak tinggi. Jadi tidak semua artikel dapat dipublish.

Jika pagi sampai siang kalian kuliah atau bimbingan, menulis artikel dikerjakan pada malam harinya. Kalian harus membagi waktu antara kuliah dan menulis. Kalau pekerjaan ini dilaksanakan secara sungguh-sungguh, pasti akan ada hasilnya. Suatu saat pasti akan mulai terbiasa menjalani hari-hari dengan dua kebiasaan ini. Selain itu, kalian juga belajar agar terbiasa multitasking.

Tentor Bimbingan Belajar / Les Privat

Tentor Bimbingan Belajar / Les Privat

Bisnis bagi mahasiswa pemula lain yang bisa dijalani ketika menjadi mahasiswa ialah tentor. Saat ini, bimbingan belajar sangat dibutuhkan adik-adik yang masih sekolah. Apalagi di era global sekarang, para orang tua menginginkan anaknya untuk menjadi yang terdepan di sekolah. Memanfaatkan situasi ini, alangkah baiknya prospek bimbingan belajar ke depannya. Membuka usaha bimbel dengan kawan-kawan akan jadi hal menyenangkan. Mulai saja dulu dari hal yang kecil.

Les atau bimbel biasanya dilakukan pada sore sampai malam. Tentor bertugas mendampingi anak belajar, membantu anak dalam menguasai materi pelajaran, dan membantu menaikkan nilai siswa. Bisnis untuk mahasiswa ini bermanfaat sekali untuk mengasah otak kita, serta membuka memori lama ketika masih sekolah dulu. Usaha les privat jelas dapat menambah pundi-pundi rupiah, juga menambah wawasan.

Bisnis Pulsa

Bisnis Mahasiswa Jualan Pulsa dan Paket Data

Bisnis pulsa merupakan salah satu bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal atau dengan modal kecil yang bisa dijalankan saat kita juga mengerjakan pekerjaan lain. Misal di sela-sela kuliah kalian mendapat permintaan pulsa dari teman, kalian dapat langsung terima permintaan itu di waktu dan tempat yang sama. Pun tidak memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikan satu job. Hanya mengetikkan beberapa kode pada hp, akses berhasil, dan 1 job sukses diselesaikan. Lebih detail cara menghasilkan uang dapat membaca di link ini.

Bisnis Online Shop

Bisnis Online Shop di Marketplace Indonesia

Bisnis dengan label “Online” luar biasa digemari masyarakat akhir-akhir ini. Apalagi bisnis online untuk mahasiswa tanpa modal. Seperti game online, menulis artikel online, youtuber, vlogger, dan lain sebagainya. Bisnis online shop juga salah satu di dalamnya. Kegemaran belanja masyarakat yang terlampau tinggi, membuat usaha online shop menjadi sukses. Ada berbagai macam item yang bisa dijual, contohnya pakaian, peralatan rumah tangga, kreasi rumahan, aneka olahan makanan, hasil rajutan, dan sebagainya.

Selain membuat kreasi sendiri, kalian juga bisa melakukan reseller dari toko lain. Bisnis online untuk mahasiswa tanpa modal mungkin dan bisa terjadi. Jika di dekat rumah ada toko yang menghasilkan barang sendiri atau sejenis industri rumahan, disarankan menjual barang dari sana. Kalian dapat berkolaborasi atau bekerjasama sehingga sama-sama menguntungkan. Bisnis untuk mahasiswa bisa diimbangi dengan kuliah.

Bisnis Jaringan (Network Marketing)

Cashflow Quadrant by Robert Kiyosaki

Menurut Robert T Kiyosaki, semua sumber penghasilan manusia dapat dibagi menjadi 4 jenis atau 4 quadrant. ESBI (Employee, Self-Employed, Business Owner dan Investor. Quadrant pertama adalah Employee atau karyawan, yaitu dimana kita bekerja pada suatu sistem. Setelah kita lulus kuliah, kita kemudian mencari pekerjaan di perusahaan. Kita menjadi bagian dari suatu sistem. Quadrant kedua adalah Self-Employed atau wiraswasta, yaitu dimana kita mempekerjakan diri sendiri, kita adalah sistemnya sendiri. Quadrant ketiga adalah Business Owner atau pemilik bisnis, yaitu pengusaha / entrepreneur dimana dia mempunyai sistem dan orang-orang yang bekerja untuk dia. Ada orang-orang yang melakukan pekerjaan untuk dia dengan arahan suatu sistem yang sudah dibuat sebelumnya. Quadrant keempat adalah Investor, yaitu mudahnya bagaimana kita menghasilkan uang dengan menginvestasikan uang. Uang menghasilkan uang. Lalu apa hubungannya Cashflow Quadrant dengan bisnis untuk mahasiswa ?

Menurut Robert Kiyosaki, kita bisa melakukan by-pass untuk bisa langsung menjadi Business Owner, yaitu dengan bergabung dengan bisnis jaringan atau network marketing atau multi level marketing. Kenapa? Karena di network marketing, telah ada sistem yang sudah dibuat diawal dan akan ada orang-orang yang bekerja untuk menjalankan sistem tersebut agar berjalan dengan benar dan lancar. Bergabung dengan bisnis jaringan dapat memberikan pengetahuan, pengalaman dan membangun relasi dengan dunia bisnis. Anda dapat belajar banyak hal mengenai pengembangan diri, jiwa wirausaha, kepemimpinan, kerja sama tim, organisasi, pemasaran, salesmanship, mindset bisnis seorang pengusaha dan banyak lagi hal positif lainnya.

Daftar bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan dan bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal ini akan terus di update terus seiring berjalannya waktu.

Jika kamu mempunyai pertanyaan mengenai bisnis untuk mahasiswa pemula kamu dapat menanyakan ke saya melalu kolom kometar dibawah, atau kamu yang sudah mempunyai bisnis rumahan untuk mahasiswa dapat menceritakan kepada sesama mahasiswa yang ingin mencari penghasilan sampingan di sela-sela waktu kuliah dengan memberikan komentar di kolom kometar dibawah. Tentu kami akan sangat senang mendengar cerita bisnis seorang mahasiswa sukses dan mungkin kami dapat memberikan masukan atau bekerja sama di bisnis untuk mahasiswa tersebut.

Tags: bisnis

author
Author: 
Penulis di duniakeuangan.com. Suka membaca semua hal tentang bisnis, keuangan dan wirausahawan.
  1. author

    Wiki4 weeks agoReply

    Apakah ada cara lain yang lebih cepat? Saya butuh uang cepat.

Leave a Reply

Must read×
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: