/ Perencanaan Keuangan

Pentingnya Perencanaan Keuangan

Pentingnya perencanaan keuangan

sumber: https://moneyinc.com/dont-underestimate-importance-written-financial-plan/

Pada zaman sekarang ini sudah seharusnya kita memiliki perencanaan keuangan untuk menghadapi kehidupan masa yang akan datang. Semua orang bekerja keras untuk mendapatkan uang  yang banyak, seperti bekerja di kantor dari pagi hingga sore hari bahkan terkadang kita harus lembur hingga larut malam. Nah, setelah bekerja yang demikian keras apakah kamu ingin uang tersebut habis sia-sia tidak jelas? Oleh karena itu sudah saatnya kamu membuat perencanaan keuangan, agar hasil kerja keras kamu bisa terkelola dengan baik.

Apa itu perencanaan keuangan?

Perencanaan keuangan ialah proses dalam mengelola atau proses pengalokasian keuangan seseorang untuk mencapai tujuannya. Pada umumnya tujuan yang dimaksud adalah seperti membayar tagihan, belanja kebutuhan, investasi, simpanan, hingga rencana liburan. Pada dasarnya perencanaan keuangan ini akan bermanfaat untuk masa depan dan juga penghematan.

Apa resiko jika tidak memiliki perencanaan keuangan?

Setelah lelah bekerja keras setiap harinya, kamu harus terjebak dengan pengeluaran yang besar, harus membayar tagihan kartu kredit yang membengkak akibat biaya hidup kamu. Apalagi jika kamu masih muda tapi tidak memiliki aset apapun seperti mobil dan rumah. Hal tersebut bisa membuat kamu pusing setiap bulannya. Berikut resiko yang mungkin kamu hadapi saat tidak memiliki perencanaan keuangan.

  • Kamu tidak akan memiliki visi dan misi yang jelas dalam menjalani kehidupan
  • Kamu akan terus menerus bekerja untuk menutupi pengeluaran setiap bulannya
  • Kamu akan terjebak dengan tagihan-tagihan yang membengkak
  • Tidak bisa memiliki aset. Bisa saja kamu memiliki aset tapi tentu akan dengan cara kredit dan hal tersebut akan membuat pengeluaran kamu semakin banyak.

5 prioritas dalam perencanaan keuangan

  • Prioritas pertama merupakan kebutuhan jangka pendek yang perlu dipenuhi. Seperti aliran keluar masuk uang,  kebutuhan darurat, dan hutang. Tiga hal tersebut ialah kebutuhan jangka pendek yang harus selalu dalam kondisi sehat.
  • Prioritas kedua ialah penanganan resiko individu. Kamu perlu memastikan aset-aset yang kamu miliki terlindungi dengan baik. Seperti menggunakan asuransi.
  • Prioritas ketiga. Nah ini adalah prioritas keuangan jangka menengah , masing-masing orang tentu memiliki prioritas jangka menengah yang berbeda-beda. Sebagai contoh biaya perjalanan untuk beribadah atau biaya pendidikan.
  • Prioritas keempat ialah prioritas keuangan jangka panjang seperti dana pensiun.
  • Prioritas kelima ialah berupa warisan.

Seberapa penting melakukan perencanaan keuangan?

  1. Bisa memberi gambaran kondisi keuangan kamu

Kondisi keuangan kamu akan tergambar dengan jelas agar cocok dengan gaya hidup yang kamu terapkan. Kamu bisa mengetahui berapa banyak uang yang akan dibutuhkan dan berapa banyak uang telah dikeluarkan.

  • Pengalokasian dana yang jelas

Dengan membuat perencanaan keuangan kamu bisa membuat pembagian yang jelas. Sehingga pengeluaran bisa terpantau dengan baik, seperti apakah kamu terlalu mengeluarkan biaya yang besar untuk suatu kebutuhan.

  • Kamu akan termotivasi

Jika perencanaan keuangan kamu jelas maka kamu akan termotivasi untuk mengumpulkan uang, serta dapat membantu kamu untuk menghitung berapa banyak uang dan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

  • Membantu kamu menemukan peluang untuk menambah penghasilan

Jika kamu membuat perencanaan keuangan maka akan membantu kamu menyadari bahwa ada beberapa peluang yang bisa kamu ambil untuk meningkatkan pendapatan.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Kesuksesan juga berasal dari perencanaan yang matang. Jadi dengan merencanakan keuangan dari sekarang akan membantu dan memberikan kepercayaan diri dalam meraih kesuksesan

Tags: perencanaan keuangan uang

  1. Cara Beli Saham10 months agoReply

    […] Definisi saham merupakan kumpulan surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau biasa disebut emiten. Dengan membeli saham, maka Anda secara langsung juga menjadi pemilik perusahaan tersebut. Jadi, jika perusahaan profit, Anda akan mendapat bagi hasil berupa profit. Sebaliknya, apabila perusahaan rugi, Anda juga ikut merasakannya. ¬†Sebelum Anda memulai bermain saham, ada baiknya Anda mengerti mengenai perencanaan keuangan. […]

  2. Perusahaan Asuransi10 months agoReply

    […] mobil dengan mesin kecil lebih murah untuk diasuransikan daripada mobil dengan mesin besar. Dalam perencanaan keuangan, asuransi merupakan salah satu instrumen yang wajib dimiliki bagi […]

Leave a Reply

Must read×
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: