Dunia Keuangan

Pentingnya Perencanaan Keuangan

Pentingnya perencanaan keuangan

sumber: https://moneyinc.com/dont-underestimate-importance-written-financial-plan/

Pada zaman sekarang ini sudah seharusnya kita memiliki perencanaan keuangan untuk menghadapi kehidupan masa yang akan datang. Semua orang bekerja keras untuk mendapatkan uang  yang banyak, seperti bekerja di kantor dari pagi hingga sore hari bahkan terkadang kita harus lembur hingga larut malam. Nah, setelah bekerja yang demikian keras apakah kamu ingin uang tersebut habis sia-sia tidak jelas? Oleh karena itu sudah saatnya kamu membuat perencanaan keuangan, agar hasil kerja keras kamu bisa terkelola dengan baik.

Apa itu perencanaan keuangan?

Perencanaan keuangan ialah proses dalam mengelola atau proses pengalokasian keuangan seseorang untuk mencapai tujuannya. Pada umumnya tujuan yang dimaksud adalah seperti membayar tagihan, belanja kebutuhan, investasi, simpanan, hingga rencana liburan. Pada dasarnya perencanaan keuangan ini akan bermanfaat untuk masa depan dan juga penghematan.

Apa resiko jika tidak memiliki perencanaan keuangan?

Setelah lelah bekerja keras setiap harinya, kamu harus terjebak dengan pengeluaran yang besar, harus membayar tagihan kartu kredit yang membengkak akibat biaya hidup kamu. Apalagi jika kamu masih muda tapi tidak memiliki aset apapun seperti mobil dan rumah. Hal tersebut bisa membuat kamu pusing setiap bulannya. Berikut resiko yang mungkin kamu hadapi saat tidak memiliki perencanaan keuangan.

5 prioritas dalam perencanaan keuangan

Seberapa penting melakukan perencanaan keuangan?

  1. Bisa memberi gambaran kondisi keuangan kamu

Kondisi keuangan kamu akan tergambar dengan jelas agar cocok dengan gaya hidup yang kamu terapkan. Kamu bisa mengetahui berapa banyak uang yang akan dibutuhkan dan berapa banyak uang telah dikeluarkan.

Dengan membuat perencanaan keuangan kamu bisa membuat pembagian yang jelas. Sehingga pengeluaran bisa terpantau dengan baik, seperti apakah kamu terlalu mengeluarkan biaya yang besar untuk suatu kebutuhan.

Jika perencanaan keuangan kamu jelas maka kamu akan termotivasi untuk mengumpulkan uang, serta dapat membantu kamu untuk menghitung berapa banyak uang dan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

Jika kamu membuat perencanaan keuangan maka akan membantu kamu menyadari bahwa ada beberapa peluang yang bisa kamu ambil untuk meningkatkan pendapatan.

Kesuksesan juga berasal dari perencanaan yang matang. Jadi dengan merencanakan keuangan dari sekarang akan membantu dan memberikan kepercayaan diri dalam meraih kesuksesan