Pertanyaan yang Sering ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya

Ini Dia Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Pada Saat Wawancara Beserta Jawabannya

Mencari kerja memang membutuhkan persiapan yang matang. Entah itu fresh graduate atau tidak. Perusahaan akan mempertimbangkan bagaimana integritas Anda, bukan darimana Anda berasal. Namun sering banyak orang yang gagal pada saat masuk tahap interview. Nah berikut ini ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat wawancara beserta jawabannya.

Namun sebelum tahu pertanyaan dan jawaban saat interview, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan semuanya secara matang. Apa aja sih persiapan untuk menghadapi interview kerja? Apa lagi interview kerja bahasa inggris. Apa saja pertanyaan interview kerja fresh graduate ?

Persiapan Yang Harus Dilakukan Ketika Akan Interview

Masuk ke dalam tahap interview adalah sebuah kesempatan besar. Pelajari cara memperkenalkan diri saat interview. Bagaimana tidak? Rata-rata para pencari kerja akan gagal pada saat masuk tahap psikotest. Jadi bagi Anda yang sampai hingga tahap interview jangan sia-siakan kesempatan ini, tahu cara menjawab pertanyaan interview dan persiapan diri dengan baik. Ini dia persiapan yang bisa Anda lakukan:

  • Paham Tugas dan Fungsi Posisi Yang Dilamar

Persiapan pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami tugas dan fungsi yang Anda lamar. Pastikan Anda menanyakan kepada teman-teman yang tahu atau mencari informasi di internet.

Karena ini juga akan menjadi pertimbangan para HRD untuk mempekerjakan Anda. Pastinya mereka juga tidak mau jika mempekerjakan orang yang tidak mengatuhi job desknya.

  • Mencari Informasi Mengenai Perusahaan Sebanyak Mungkin

Kedua yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi perusahaan apa yang menginterview Anda. Sebaiknya selain berfokus pada diri sendiri Anda juga harus fokus pada profil perusahaan.

Ketahui secara mendalam perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, bagaimana sejarah berdirinya dan kalau perlu peraturan yang ada di dalamnya.

  • Mempersiapakan Dokumen Yang Hendak Dibawa

Ketiga persiapkan dokumen yang hendak dibawa. Terlebih lagi surat lamaran dan portofolio Anda. Biasanya HRD akan melihat kedua dokumen tersebut dan menanyakan skill yang Anda tulis dalam portofolio. Untuk berjaga-jaga bawalah surat pengalam kerja jika sebelumnya Anda sudah pernah bekerja.

Jika Anda seorang fresh graduate maka bawalah sertifikat yang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Ini akan menjadi nilai plus bagi Anda.

  • Berpakaian Rapi

Keempat adalah berpakaian rapi. Faktor kerapian adalah yang terpenting. Bagaimana cara Anda berpenampilan juga menunjukkan pribadi. Sehingga ketika datang interview Anda harus berpakain bersih dan rapi.

  • Benahi Bahasa Tubuh dan Tampil Berwibawa

Bahasa tubuh dinilai pada saat interview. Usahakan jangan terlalu tegang, tunjukkan bahwa Anda berwibawa, duduk dengan tegak dan jabat tangan pewawancara. Jangan lupa senyum juga.

Persiapan yang baik juga mengantarkan Anda sukses dalam tahap wawancara dan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

5 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Pada Saat Wawancara Beserta Jawabannya

Sebenarnya untuk pertanyaan saat interview bisa bergantung pada apa posisi yang Anda lamar. Namun beberapa pertanyaan di bawah ini juga sering muncul dalam interview. Jadi, pelajari dan perhatikan dengan baik-baik.

  • Ceritakan Tentang Diri Anda!

Biasanya Anda akan disuruh menceritakan seperti apa gambaran umum tentang diri Anda. Namun sebenarnya inti dari pertanyaan ini adalah apakah Anda cocok untuk bekerja di perusahaan kami.

Jadi, persiapkan jawaban cara memperkenalkan diri saat interview yang sekiranya membuat Anda layak untuk bekerja di perusahaan tersebut. Misalnya : Nama Saya adalah Rizky, saya mengambil jurusan sistem informasi karena bekerja dengan pemrograman adalah sesuatu yang saya sukai, sehingga saya merasa diri saya berkembang dalam jurusan tersebut”.

  • Mengapa Memilih Posisi Ini?

Pewawancara juga akan menanyakan mengapa Anda memilih posisi ini. Jika sudah ditanya begini yang harus Anda lakukan adalah menjawab dengan tanpa ragu-ragu “Karena dalam posisi ini saya bisa mengaplikasikan ketrampilan dan keilmuan yang sudah saya dapatkan selama perkuliahan”.

Sebagai tips cara menjawab pertanyaan interview. Hindari menjawab Anda memilih posisi ini untuk pengembangan diri. Karena yang diinginkan perusahaan adalah bukan mengembangkan ketrampilan tapi sejauh mana Anda bisa berkontribusi terhadap perusahannya.

  • Apa Ketrampilan yang Anda Miliki dan Mengapa Saya Harus Mempekerjakan Anda?

Anda akan ditanya tentang ketrampilan apa yang Anda miliki. Sebaiknya Anda menjawab dengan kriteria yang diinginkan perusahaan untuk mengisi posisi yang Anda lamar. Sungguh tricky yah pertanyaan interview kerja fresh graduate. Misal jika Anda memilh posisi web developer “Saya mempunyai keahlian pemrograman dengan menggunakan bahasa PHP dan MySQL serta ahli dalam membuat sebuah aplikasi untuk peningkatan keuntungan perusahaan”.

  • Apa Kekurangan dan Kelebihan Anda?

Pertanyaan yang keempat biasanya pewawancara akan menanyakan apa kelebihan dan kekurangan Anda. Jawab saja secara jelas apa kelebihan Anda.

Jika ditanya mengenai kekurangan, jangan sampai Anda menjawab “saya kurang bisa bekerja cepat, saya kurang bisa teliti” atau yang lainnya. Tapi ganti jawaban Anda dengan “Saya kurang nyaman jika tidak melakukan inovasi apapun”.

  • Mengapa Anda Keluar dari Perusahaan Sebelumnya/ Mengapa Anda Tertarik Bergabung Dengan Kami?

HRD selalu ingin tahu mengapa Anda tertarik bergabung ke dalam perusahannya, atau mengapa Anda keluar dari perusahaan yang lama. Sekedar tips ketika sedang wawancara jangan menjelaskan keluhan yang membuat Anda keluar dari perusahaan lama.

Anda bisa memberi jawaban “Perusahaan ini adalah perusahaan terbaik sehingga suatu kebangaan bisa bergabung dan berkontribusi di dalamnya”. Jawaban ini juga berlaku untuk fresh graduate.

Pasti ketika nanti interview akan lebih banyak lagi pertanyaan yang muncul. Tapi kelima poin di atas adalah yang utama. Lalu setelah interview Anda laksanakan dengan lancar, kini saatnya Anda menanyakan gaji.

Tips Menanyakan Gaji Ketika Interview Kerja

Tidak ada salahnya menanyakan berapa gaji yang akan diberikan perusahaan kepada Anda, yang salah adalah ketika waktunya tidak tepat. Jangan sampai citra Anda buruk karena hal ini, lalu apa saja tipsnya?

  • Perhatikan Situasi dan Kondisi

Mempertanyakan gaji harus melihat situasi dan kondisi. Jika wawancara Anda sudah hampir selesai atau memang sudah selesai maka ini saat Anda untuk menanyakan gaji. Usahakan Anda tidak langsung menanyakannya di awal, apalagi jika wawancaranya melalui telvon.

  • Bertanyalah Kepada Orang yang Tepat

Biasanya ada beberapa perusahaan yang menyediakan beberapa kali sesi wawancara. Bertanyalah di sesi dimana Anda diwawancara oleh HRD langsung. Karena jika Anda bertanya kepada orang yang kurang tepat, hal ini bisa menjadi boomerang bagi Anda.

  • Bertanya dengan Cara yang Baik

Yang paling terpenting adalah bertanya dengan cara yang baik. Jangan bertanya seolah-olah menyombongkan diri. Anda tidak boleh berkata “biasanya untuk ukuran saya gaji yang diberikan harus lebih dari 5 juta”. Nah ini adalah salah satu contoh yang kurang sopan.  

Sudah jelas beda ya pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate, jadi pastikan Anda menanyakannya dengan baik, bukan terkesan sombong ataupun menuduh. Pertanyaan dan jawaban saat interview ini jadi kunci Anda mendapatkan pekerjaan.

Dengan persiapan yang sudah Anda lakukan dan belajar mengenai pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat wawancara beserta jawabannya, maka kemungkinan besar Anda diterima di perusahaan yang Anda inginkan. Jika belum diterima, maka jangan berputus asa, rezeki Anda ada di tempat lain.

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply