/ Kredit

Rumus Perhitungan Berbagai Jenis Bunga Pinjaman

Pinjam Di Bank, Jangan Ragu Jika Anda Tahu Rumus Bunganya

Rumus-Perhitungan-Berbagai-Jenis-Bunga-Pinjaman

Bank memang menjadi sasaran empuk orang untuk menutupi kebutuhan yang sedang diderita, karena mungkin jika meminjam ke teman belum tentu bisa dan boleh diangsur. Namun, jika Anda pinjam ke bank pastinya dengan beberapa syarat mudah bisa segera cair dan kebutuhan Anda segera tercukupi. Beberapa orang terkesan takut apabila meminjam di bank tidak bisa membayar maka jaminannya akan diminta oleh pihak bank. Hal ini sebenarnya sudah konsekuensi atas peminjaman karena pihak bank juga tidak mau rugi dengan konsumen yang “kabur” tanpa ada syarat jaminan. Banyak sekali kasus konsumen pinjam dengan jumlah nominal besar namun ternyata di pertengahan tidak mampu membayar dan jaminan yang diberikan kepada bank tidak juga bisa menutup semua jumlah pinjaman. Hal ini, pihak bank juga merugi sangat besar, maka saran terbaik adalah Anda belajar untuk menghitung bunga bank ketika berencana ingin meminjam uang ke bank agar tidak terbelit dan hingga masanya selesai Anda mendapatkan kebutuhan dan lunas hutang di bank. 

Untuk jenis pinjaman yang ingin Anda ajukan tentunya memiliki bunga yang berbeda-beda dan waktu yang tidak sama, prinsipnya semakin besar uang yang Anda pinjam maka suku bunganya juga semakin meningkat.

Cara Perhitungan Berbagai Jenis Bunga Pinjaman:

  • Perhitungan Bunga Flat

Bunga flat adalah sebuah perhitungan bunga bank yang paling simpel dengan jumlah angsuranya sama, jumlah bunganya sama, dan juga cicilan pokoknya juga sama. Nama lain dari pinjaman suku bunga flat adalah pinjaman dengan tanpa agunan atau Kredit Tanpa Agunan. Pinjaman KTA ini biasanya digunakan untuk Anda yang membutuhkan barang-barang konsumsi seperti motor atau mobil. 

Rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

Angsuran per bulan

(Jumlah Pinjaman + (Jumlah Pinjaman x Suku Bunga Pertahun x jangka pelunasan) ) : lama pelunasan dalam hitungan bulan)

Contoh:

Bapak Andi meminjam uang di bank sebesar Rp. 200.000.000,00 (Rp. 200 juta) dengan suku bunga flat sebesar 5% per tahun. Jangka waktu pelunasan pak andi mengambil 4 tahun jadi selama itulah Pak Andi harus membayar cicilan per bulan berapa ya?

Modal pinjaman awal = Rp. 300 juta

Angsuran bulanan = (Jumlah Pinjaman + (Jumlah Pinjaman x Suku Bunga Pertahun x 4) / 48 bulan)

        = (300.000.000 + (300.000.000 x 5% x 4) : 48 bulan

        = (300.000.000 + (60.000.000) ): 48 bulan

        = Rp 7.500.000,-

Maka, setiap bulan Anda harus membayar cicilan sebesar Rp. 5 juta 

Keuntungan Anda mengambil suku bunga flat adalah tidak terpengaruh dengan naik turunnya bunga saat itu, jadi ketika bunganya naik Anda tetap membayar angsuran setiap bulannya sama yakni Rp. 5 juta.

  • Perhitungan Bunga Efektif

Bunga efektif adalah suku bunga yang belum dibayarkan oleh konsumen sebelum jatuh tempo, dan setiap bulan bunganya bisa naik atau turun. Jika modal pinjaman awal Anda dibayarkan lunas maka bunganya dibayarkan di akhor pelunasan. 

Untuk rumusnya sebagai berikut:

    Cicilan pokok per bulan = P / t

    Bunga bulan ke z = (P –  ((z – 1) x Cicilan pokok )) x i / 12

    Keterangan:

  • P = pokok pinjaman (modal awal pinjaman)
  • i = suku bunga per tahun
  • t = jangka waktu pinjaman dalam bulan

    Contoh Perhitungan:

    Lucinta luna ingin menyempurnakan operasi plastik bagian hidungnya agar mancung dengan dana pinjaman     dari bank sebesar Rp 180.000.000. Pihak bank memberikan bunga kredit efektif 12% per tahun. Luna bisa     pelan-pelan melunasi hutangnya dalam kurun waktu 3 tahun (36 bulan), maka berapakah uang yang dibayar     luna setiap bulannya?

    Untuk hasil dari perhitungan menggunakan rumus di atas bulan pertama lucinta harus membayar Rp.     6.800.000, bulan kedua Rp. 6.750.000, bulan ketiga Rp. 6.700.000, bulan ke sebelas Rp. 6.300.000 begitu     seterusnya hingga masanya habis. Jika anda perhatikan dengan baik, menggunakan bunga efektif mulanya     akan berbayar tinggi namun lambat laun semakin sedikit. Hal ini adalah salah satu keuntungan dari bunga     efektif tersebut. Banyak orang yang membayar tepat wakti di tahun pertama lantas lambat laun mundur atau     kesulitan dan berakibat kerugian yang sangat besar. 

Prinsip besar di awal ini memang sengaja dibuat mengingat setiap tahun kebutuhan orang semakin bertambah, entah untuk sekolah, kesehatan ataukan usaha. Jika akhir pinjaman semakin sedikit maka semakin lega pula uang untuk kebutuhan lainnya bisa tertutupi. Cermati setiap model suku bunga ketika anda berencana meminjam ke bank, semakin besar suku bunganya maka semakin besar uang yang harus dibayarkan. 

  • Perhitungan Bunga Anuitas

Bunga anuitas adalah bunga yang hampir sama perhitungannya dengan bunga flat dan digunakan untuk mencicil kebutuhan kredit rumah atau mobil. 

Rumusnya = 

P = modal awal pinjaman

i = suku bunga per tahun

t = jangka waktu pinjaman dalam bulan

Angsuran Per Bulan = p x i x 1+it1+i-1

Contoh: 

Kak Banu meminjam uang di bank dengan tujuan kredit rumah sebesar Rp. 100.000.000,00 dengan jangka waktu pelunasan 1 tahun (12 bulan). Bunga tahunan sebesar 10% dan bunga bulanan sebesar 0,83% per bulan. Berapakah kak Banu harus mencicil setiap bulannya?

Hitungan :

Angsuran Per Bulan = p x i x 1+it1+i-1

                 = 100.000.000 x 0,83% x ( (1+0,83%)121+0,83%-1)

                 = 100.000.000 x 0,83% x (1,1050,105)

                 = Rp. 8.734.761,90

Dibulatkan menjadi Rp. 8.734.800 

Jadi cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya adalah Rp. 8.734.800

Perhitungan-Berbagai-Jenis-Bunga-Pinjaman

Dalam pengambilan hutang di bank, ada baiknya Anda meminta kejelasan secara rutin tentang perhitungan yang riil selama masa pelunasan karena terkadang naik turunnya bunga akan memperngaruhi cicilan Anda setiap bulan. Cicilan rumah bisa Anda peroleh dengan baik dan teratur ketika pihak bank sepakat dengan ketentuan yang ada, namun dari pihak pengembang bangunan tentunya akan menyesuaikan harga material meskipun rumahnya sudah jadi. Jika Anda tidak spekulasi dengan matang nantinya ada banyak kerugian saat di pertengahan pihak pengembang tiba-tiba saja menaikkan harga cicilan perbulan dengan alasan mengikuti harga bahan saat ini. 

Anda sudah harus mencicil ke bank tetapi juga Anda mencicil ke pengembang sendiri (dua kali cicilan). Sekali lagi perhatikan aturan main yang ada pada pengembang dan pihak bank agar Anda sukses pelunasan dan mendapatkan rumah yang Anda impikan. Banyak kasus yang sudah terjadi orang mengambil cicilan rumah dengan jangka waktu 5 tahun namun di pertengahan ternyata gaji Anda minus dari biasanya dan hutang bank dengan jaminan sertifikat rumah sebagai jaminannya tidak bisa dibayarkan. Uang yang telah Anda setorkan ke bank selama 1 tahun akan hilang dan tidak bisa kembali, begitu juga dengan sertifikat rumah yang belum lunas. 

Begitulah rumus perhitungan berbagai jenis bunga pinjaman yang akan kami tambahkan kalau ada perubahan di kemudian hari. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya dengan menuliskan pertanyaan kalian di kolom komentar atau langsung bertanya langsung melalui email di contact us kami.



Tags: bunga pinjaman kredit pinjaman

author
Author: 
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply

Must read×
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: