Seluk-beluk Asuransi Online Indonesia

Seluk-beluk Asuransi Online Indonesia

Asuransi online Indonesia merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat yang menginginkan jaminan kenyamanan hidup yang dilakukan secara online. Seperti diketahui, asuransi sudah ada sejak dahulu. Hanya saja, dahulu sistemnya masih menggunakan sistem offline. Nah, seiring dengan kemajuan teknologi yang serba digital, asuransi kini sudah bisa dilakukan secara online. Apa sebenarnya definisi dari asuransi online itu? Apa prinsip dasarnya serta jenis-jenisnya? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya, plus contoh perusahaan asuransi online dan keuntungannya jika Anda menjadi salah satu nasabahnya.

Definisi Asuransi Online

asuransi online indonesia
sumber: https://img.freepik.com/free-vector/illustration-family-life-insurance_53876-40781.jpg

Secara umum, asuransi merupakan pertanggungan atau perjanjian antara dua pihak, dimana pihak pertama mempunyai kewajiban membayar premi kepada pihak kedua, sedangkan pihak kedua mempunyai kewajiban untuk memberikan jaminan sepenuhnya kepada pihak pertama sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati bersama. Sedangkan, definisi asuransi online sama persis dengan definisi asuransi, hanya saja proses pendaftaran maupun pelaksanaannya dilakukan secara online. Sistem ini disediakan untuk menjembatani bagi masyarakat yang mempunyai aktivitas sangat padat. Dengan sistem ini, diharapkan masyarakat tetap mendapatkan jaminan asuransi secara penuh tanpa harus mengganggu aktivitas sehari-hari.

Prinsip Dasar Asuransi Online

Sama seperti asuransi pada umumnya, asuransi online mempunyai beberapa macam prinsip dasar yang harus dipenuhi, antara lain:

1.    Insurable interest, yaitu asuransi yang muncul karena hubungan keuangan.

2.    Utmost good faith, yaitu tindakan untuk mengungkapkan fakta tentang material yang diasuransikan.

3.    Proximate cause, yaitu penyebab yang menimbulkan rantaian suatu kejadian hingga menyebabkan suatu akibat.

4.    Indemnity, yaitu penanggung menyediakan kompensasi finansial kepada tertanggung dalam hal keuangan sebelum terjadi kerugian.

5.    Subrogation, yaitu pengalihan hak tuntut dari tertanggung kepada penanggung setelah klaim dibayar.

6.    Contribution, yaitu penanggung berhak mengajak penanggung lain yang bersama-sama menanggung, namun dengan kewajiban yang tidak harus sama saat memberikan indemnity kepada tertanggung.

beli asuransi mobil online
sumber: https://s3.envato.com/files/4f3252a4-06bd-4c29-b302-b95789545e91/inline_image_preview.jpg

Jenis-Jenis Asuransi Online

Tidak hanya asuransi pada umumnya, asuransi online juga menyediakan beberapa macam jenis, antara lain:

1.    Asuransi jiwa, yaitu pertanggungan yang berkaitan dengan jiwa tertanggung. Jaminan akan diberikan pada saat tertanggung meninggal dunia.

2.    Asuransi kesehatan, yaitu pertanggungan yang berkaitan dengan kesehatan tertanggung. Jaminan akan diberikan pada saat tertanggung menderita penyakit, sekaligus proses perawatannya.

3.    Asuransi kendaraan atau biasa di sebut asuransi mobil yaitu pertanggungan yang berkaitan dengan kendaraan tertanggung. Jaminan akan diberikan pada saat kendaraan tersebut mengalami kerusakan maupun kehilangan. Jika ingin beli asuransi mobil online, harus cermat karena akan di push oleh salesman yang mengejar komisi tanpa memikirkan masak-masak apakah asuransi tersebut adalah yang paling sesuai dan pas untuk pembeli asuransi.

4.    Asuransi pendidikan, yaitu pertanggungan yang berkaitan dengan pendidikan tertanggung. Jaminan akan diberikan pada saat masuk ke jenjang-jenjang pendidikan tertentu.

5.    Asuransi kepemilikan rumah dan properti, yaitu pertanggungan yang berkaitan dengan kepemilikan properti. Jaminan akan diberikan pada saat properti mengalami suatu musibah, baik rusak, kehilangan, maupun kebakaran.

6.    Asuransi bisnis, yaitu pertanggungan yang berkaitan dengan bisnis tertanggung. Jaminan akan diberikan pada saat bisnis  mengalami suatu musibah, baik kerusakan, kehilangan, maupun kerugian dalam jumlah besar karena bencana alam.

7.    Asuransi kredit, yaitu pertanggungan yang berkaitan dengan urusan kredit tertanggung. Jaminan akan diberikan pada saat debitur mengalami kegagalan dalam melunasi fasilitas kredit, baik kredit modal kerja, perdagangan, dan sebagainya.

8.    Asuransi perjalanan atau biasa di sebut asuransi travel online yaitu pertanggungan yang berkaitan dengan perjalanan yang dilakukan tertanggung. Jaminan akan diberikan pada saat terjadi masalah selama perjalanan, baik saat pergi maupun pulang kembali.

Keuntungan Menjadi Nasabah Asuransi Online

Ada banyak sekali keuntungan jika Anda menjadi salah satu nasabah asuransi online. Berikut ini beberapa di antara keuntungan tersebut:

1.    Lebih Efisien dan Praktis

Anda tidak perlu repot-repot mengunjungi kantor asuransi pada jam kerja pada saat ingin mengurus berbagai hal terkait asuransi. Sebab, akses asuransi online diberikan selama 24 jam full. Anda bisa mengaksesnya dimanapun dan kapanpun Anda membutuhkannya.

2.    Lebih Mudah Membandingkan Promo yang Diberikan Setiap Perusahaan Asuransi

Setiap perusahaan asuransi biasanya memberikan promo yang berbeda. Dengan menjadi nasabah secara online, Anda lebih cepat dan mudah dalam mengakses promo yang diberikan setiap perusahaan asuransi. Cukup membuka internet dan menjelajah satu per satu perusahaan asuransi secara online, Anda sudah bisa membandingkan dan memilih yang terbaik bagi kebutuhan Anda.

3.    Sudah Dilindungi Hukum

Meskipun dilakukan secara online, asuransi ini juga sudah mendapat jaminan perlindungan hukum dari pihak terkait, yaitu OJK. Dengan demikian, Anda bisa merasa lebih aman saat menjadi nasabah. Tidak perlu ada rasa khawatir akan ditipu oleh perusahaan asuransi abal-abal.

4.    Lebih Mudah dalam Melakukan Klaim Premi

Tidak hanya mudah dalam melakukan proses pendaftaran, melakukan klaim premi pun dapat lebih mudah dilakukan dengan asuransi online, yaitu cukup dengan satu jari saja. Namun begitu, Anda tetap harus mengikuti semua prosedur standar yang diberikan agar prosesnya bisa lebih cepat lagi.

5.    Menabung dengan Tidak Sadar

Menjadi nasabah asuransi sama artinya Anda menabung dan akan bisa menikmati hasilnya pada saat Anda mengalami risiko (tergantung jenis asuransi yang Anda pilih). Anda tidak perlu khawatir saat suatu hari nanti membutuhkan dana dengan cepat dalam jumlah besar. Klaim asuransi bisa dilakukan.

6.    Tidak Perlu Bertemu Agen Sales Asuransi

Dengan mengikuti asuransi online, Anda tidak perlu bertemu langsung dengan agen sales asuransi. Meskipun kehadiran agen bisa membantu menjelaskan produk asuransi, namun banyak masyarakat enggan untuk menghadapinya. Untuk itulah asuransi online bisa menjadi pilihan paling tepat.

7.    Bisa Melihat Review dari Nasabah Sebelumnya

Pada saat membeli asuransi online Indonesia, Anda bisa mendapatkan review dari produk tersebut terlebih dahulu dari nasabah yang pernah menggunakannya. Dengan begitu, semakin memantapkan Anda apakah akan mendapatkan keuntungan dengan membeli produk asuransi tersebut atau malah sebaliknya.

Contoh Perusahaan Asuransi Online

Tabel Asuransi Online Indonesia

Saat ini, sudah banyak sekali perusahaan asuransi online bermunculan di Indonesia. Anda tinggal memilih salah satunya yang menurut Anda paling terpercaya. Nah, berikut ini beberapa contoh perusahaan asuransi online di Indonesia tersebut:

1.    Asuransi AXA; perusahaan asuransi yang menawarkan beberapa produk asuransi, seperti kesehatan, jiwa, mobil, dan perjalanan.

2.    FWD; perusahaan asuransi yang menawarkan beberapa produk asuransi, seperti asuransi kecelakaan diri dan asuransi jiwa berjangka.

3.    Zurich; perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi perjalanan secara online.

4.    JagaDiri; perusahaan asuransi yang menawarkan beberapa produk asuransi, seperti kesehatan, kecelakaan, dan jiwa.

5.    Tokopedia Asuransi; portal asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan.

6.    Cermati; portal asuransi yang menawarkan tiga produk asuransi, yaitu kesehatan, perjalanan, dan mobil.

7.    CekAja; portal asuransi yang menawarkan banyak produk asuransi, antara lain kesehatan, jiwa, kendaraan, perjalanan, properti, mikro, kecelakaan diri, dan elektronik.

8.    PasarPolis; portal asuransi yang menawarkan berbagai produk asuransi, seperti kesehatan, kendaraan, dan perjalanan.

Semakin maraknya gejolak online di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, mungkin kedepan akan muncul jenis-jenis asuransi baru sesuai dengan perkembangan jaman. Sebut saja: asuransi kecelakaan ojek online, asuransi penumpang ojek online, karena sudah banyak aplikasi asuransi online yang tersedia. Bisa jadi, profesi ojek online (yang biasa di sebut OjOl) akan menjadi segmen pasar tersediri yang sangat niche bagi perusahaan asuransi di Indonesia.

Semakin berkembangannya perkembangan platform digital atau aplikasi online. Akan mempermudahkan beberapa hal seperti ini:

  • Daftar asuransi jiwa online
  • Daftar asuransi kesehatan online
  • Daftar asuransi online
  • Bayar asuransi online
  • Beli asuransi jiwa online
  • Beli asuransi kendaraan online
  • Beli asuransi kesehatan online
  • Beli asuransi online
  • Beli asuransi perjalanan online
  • Beli asuransi rumah online
  • Beli asuransi travel online

Contoh perusahaan asuransi di Indonesia yang sudah go-online:

  • Asuransi ACA online
  • Asuransi Allianz online
  • Asuransi BCA online
  • Asuransi Bumiputera online
  • Asuransi CAR online
  • Asuransi Garda Oto online

Itulah beberapa informasi terkait asuransi online Indonesia. So, jangan ragu lagi untuk menjadi salah satu nasabahnya.

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply