/ Kredit

Semua Hal Yang Wajib Anda Ketahui Tentang Peer to Peer Lending

Semua Hal Yang Wajib Anda Ketahui Tentang Peer to Peer Lending

Semua Hal Yang Wajib Anda Ketahui Tentang Peer to Peer Lending
sumber: https://kae.com/wp-content/uploads/2019/04/p2p.png

Buat anda yang  yang tengah membutuhkan dana dalam waktu cepat, maka ada banyak sistem pinjaman yang bisa anda pilih yakni peer to peer lending. Umumnya, terdapat 2 pendekatan untuk memahami konsep dari peer to peer lending atau P2P lending ini yaitu sebagai seorang peminjam ataukah sebagai pemberi pinjaman tersebut. 

Keduanya jelas akan memberikan banyak manfaat tersendiri buat anda yang membutuhkan finansial yang bagus. Kendati demikian, sistem p2p lending ini juga tidak bisa dipisahkan dari adanya risiko seperti kegiatan pinjaman yang lainnya. Untuk itulah, bagi anda yang akan menggunakan P2P Lending ini, sebaiknya anda memahami pengertian, cara kerja atau hal-hal penting lainnya yang terdapat didalamnya. 

Pengertian Dari Peer to Peer Lending 

peer-to-peer-lending-indonesia.
sumber: http://fintechnews.sg/wp-content/uploads/2018/06/Fintech-Indonesia-p2p-lending-players-in-indonesia-1024×566.png

Sebelum anda mengetahui bagaimana cara kerja dari peer to peer lending, maka anda harus mengetahui bagaimana pengertiannya. Peer to peer lending sendiri merupakan salah satu metode untuk memberikan pinjaman dalam bentuk uang kepada seorang individu atau bisnis ataupun sebaliknya yang berhubungan dengan pemberi pinjaman dengan para peminjam. 

Bukan hanya itu saja, peer to peer lending ini juga memungkinkan seseorang untuk bisa memberikan pinjaman ataupun mengajukan pinjaman untuk berbagai macam kepenting tanpa adanya jasa dari sebuah lembaga keuangan  yang bertindak sebagai perantara

Jika dilihat, sistem yang digunakan oleh P2P Lending ini memang mempunyai kemiripan dengan konsep marketplace online dimana menyediakan tempat untuk mempertemukan antara pembeli ataupun penjual. Dengan kata lain, dalam sistem P2P Lending ini akan mempertemukan peminjam dengan pihak yang memberikan pinjaman. 

Secara singkat peer to peer lending ini adalah sebagai marketplace untuk kegiatan pinjam-meminjam keuangan. Bukan hanya itu saja, peer to peer  lending ini juga memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan peminjaman yang dilakukan melalui koperasi, bank, jasa kredit dan lain sebagainya. Hal ini tidak lain karena proses dari meminjam ataupun memberikan pinjaman yang cukup cepat. 

Cara Kerja Peer to Peer Lending

Setelah anda memahami sekilas pengertian dari peer to peer lending maka anda juga harus mengetahui  bagaimana cara kerja dari peer to peer lending ini. Cara kerja peer too peer lending ini sendiri dibag menjadi 2 yakni berdasarkan peminjam dan investor. Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung menyimak ulasan yang ada di bawah ini. 

  • Sebagai peminjam 

Sebagai seorang peminjam, hal yang perlu dilakukan adalah mengupload persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan pinjaman secara online. dokumen persyaratan tersebut bisa meliputi bagaimana laporan keuangan anda dalam jangka waktu yang sudah disebutkan hingga apa tujuan anda meminjam uang tersebut. 

Sama seperti pinjaman lainnya, dalam pinjaman peer to peer lending ini pun pengajuan anda bisa ditolak ataupun diterima. Tentu diterima atau tidaknya permohonan anda tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor. 

Sebagai contohnya, apabila anda mendapatkan penolakan permohonan maka ada baiknya anda harus memperbaiki semua hal yang menyebabkan pinjaman anda ditolak. Sedangkan, apabila pinjaman yang anda ajukan mendapatkan acceptance (penerimaan), maka suku bunga akan langsung diterapkan dan pengajuan pinjaman akan dimasukkan  kedalam marketplace yang anda pilih untuk bisa melihat bagaimana pengajuan pinjaman anda. 

  • Sebagai investor 

Lain halnya apabila anda sebagai seorang investor dimana  anda mempunyai akses untuk melakukan pencarian data-data para pemohon pinjaman di dalam dashboard yang sudah disediakan oleh situs peer to peer lending ini. 

Anda diberikan kesempatan untuk bisa melihat data-data setiap para pemohon pinjaman terutama data mengenai pendapatan yang dimiliki oleh peminjam, bagaimana riwayat keuangan, tujuan melakukan pinjaman hingga alasan yang lainnya. 

Anda diberikan kebebasan untuk memutuskan apakah anda akan menerima permohonan tersebut ataukah tidak. Apabila anda memutuskan memberikan pinjaman, maka anda bisa melakukan investasi dengan sejumlah dana sesuai dengan tujuan investasi anda. 

Nantinya, para peminjam akan langsung melakukan cicilan dana untuk setiap bulanan. Disinilah, seorang pemberi pinjaman akan mendapatkan keuntungan berupa dana pokok dan bunga. Besaran bunga yang akan anda dapatkan tergantung dengan suku bunga pinjaman yang sudah investasikan. 

Apakah peer to peer sarana tepat untuk keuangan anda 

Pertanyaan diatas tentu banyak diajukan bagi seseorang yang baru akan melakukan peer to peer lending ini. Nah apakah P2P lending menjadi sarana yang tepat sebenarnya tergantung dengan kebutuhan finansial yang anda miliki baik itu sebagai seorang investor ataupun peminjam. 

Buat anda seorang peminjam maka peer to peer lending ini bisa menjadi solusi keuangan anda yang tepat karena anda bisa mendapatkan pinjaman dalam waktu yang cepat. Sedangkan bagi para investor, apabila anda memiliki dana yang lebih dan belum tahu kemanakah uang tersebut akan dialokasikan maka peer to peer lending ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda. 

Kelebihan dan kekurangan P2P Untuk Peminjam 

P2P ini memang tidak bisa dilepaskan dari kelebihan dan kekurangan. Dibawah ini kelebihan dan kekurangan P2P untuk para peminjam. 

Kelebihan

  1. Anda bisa mendapatkan suku bunga yang rendah dibandingkan dengan suku bunga yang sudah ditetapkan oleh lembaga keuangan lainnya seperti bank atau koperasi dimana biasanya menerapkan suku bunga 12-20%
  2. Proses pengajuan pinjaman yang lebih cepat dan mudah karena dalam pengajuannya tidak membutuhkan syarat yang berlebihan. 
  3. Anda bisa melakukan permohonan pinjaman untuk semua tujuan 
  4. Ini merupakan pinjaman tanpa agunan yang mana anda  tidak perlu memberikan jaminan apapun. 

Kekurangan 

  1. Suku bunga bisa mengalami kenaikan cukup pesat apabila kelayakan kredit anda tengah jatuh
  2. Apabila anda telah dalam membayar maka tagihan pinjaman akan mengalami kenaikan cukup tinggi
  3. Pinjaman hanya cocok untuk jenis pinjaman angka pendek 
  4. Ada kemungkinan bahwa kebutuhan dana pinjaman yang anda butuhkan tidak bisa terpenuhi secara keseluruhan karena tergantung dengan dana yang dimiliki oleh investor. 

Kelebihan dan Kekurangan P2P Lending untuk Investor

Selain itu, bagi para peminjam, ada juga kelebihan dan kekurangan yang akan anda rasakan. Diantaranya adalah sebagai berikut

Kelebihan

  1. Sudah diatur dan diawasi oleh OJK atau otoritas jasa keuangan. 
  2. Bisa memberikan pinjaman uang dengan cepat dan mudah terutama bagi anda yang mempunyai dana lebih 
  3. Suku bunga pinjaman yang sudah diterima mempunyai nilai yang cukup signifikan sehingga jauh lebih menguntungkan. 
  4. Memudahkan anda untuk melakukan diversifikasi investasi sehingga akan memperbesar keuntungan anda. 

Kekurangan 

  1. Apabila anda memutuskan untuk melakukan investasi dengan sistem P2P lending maka anda tidak bisa menarik uang anda kapanpun sesuka hati anda seperti ketika anda melakukan investasi melalui bank,
  2. Ada kemungkinan apabila pihak peminjam gagal dalam mengembalikan dana yang sudah dipinjam sehingga kemungkinan besar dana anda tersebut  tidak bisa kembali 

Demikian informasi mengenai peer to peer lending sebagai sarana terbaik untuk mendapatkan dana ataupun melakukan investasi . Apabila anda ingin melakukan peer to peer lending ini maka sebaiknya anda mencari marketplace yang terpercaya. 

Tags: pinjaman

author
Author: 
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply

Must read×
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: