Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman di Koperasi

Ingin Mengajukan Pinjaman di Koperasi? Ketahui Dulu Syarat dan Caranya Berikut Ini!

Syarat-dan-Cara-Pengajuan-Pinjaman-di-Koperasi

Ada pertanyaan yang di ajukan ke kami, mengenai syarat dan cara pengajuan pinjaman di Koperasi. Mengajukan pinjaman di koperasi mungkin merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan ketika sedang membutuhkan biaya. Koperasi dulunya hanya bisa digunakan untuk simpan pinjam anggota saja, akan tetapi kini koperasi menyediakan simpan pinjam untuk non-anggota. Hal ini tentunya disambut baik oleh para masyarakat yang sedang membutuhkan pinjaman dana.

Apa Itu Koperasi?

Rasanya kini sudah tak asing lagi ketika kita mendengar kata “Koperasi”. Pasalnya, kini koperasi sudah bisa dengan mudah dijumpai dimanapun, bahkan dekat dengan pemukiman warga. Koperasi merupakan badan usaha atau organisasi yang dibuat dan digunakan untuk memenuhi kepentingan bersama. Pada awalnya, koperasi dibangun untuk memenuhi kebutuhan para anggotanya, akan tetapi kini penggunaan koperasi juga bisa dimanfaatkan oleh para non-anggota.

Koperasi bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar untuk mengatasi dan menyelesaikan problematika terutama dibidang ekonomi. Dalam pendiriannya, koperasi ini bisa dibangun baik itu oleh badan hukum bahkan masyarakat secara perorangan. Nantinya, dana yang digunakan untuk membangun koperasi merupakan dana yang didapat dari para anggota yang digunakan untuk modal. Sehingga, koperasi bisa berjalan dengan baik dan bisa melakukan transaksi seperti simpan dan pinjam.

Bagaimana Sistematika Untuk Peminjaman Pada Koperasi?

Koperasi merupakan tempat yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan simpan pinjam. Hal ini sesuai dengan tujuan awal pembuatan koperasi yaitu untuk mensejahterakan para anggotanya. Namun, para non anggota pun bisa bergabung dalam program simpan pinjam ini untuk bisa merasakan hidup yang lebih sejahtera terutama dalam bidang ekonomi.

Untuk peminjaman dana ke koperasi sebenarnya cukuplah mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu melengkapi berkas dan persyaratan-persyaratan lainnya yang diminta oleh koperasi dan kemudian mengikuti prosedur yang ada. Untuk para anggota koperasi mungkin sudah memahami bagaimana sistematikanya dikarenakan selalu ada didalam ruang lingkup koperasi. Bagi para non-anggota pun bisa mengajukan pinjaman dana ke koperasi. Akan tetapi, ketika mengajukan pinjaman di koperasi, para non-anggota akan dianggap sebagai calon anggota koperasi.

Syarat Untuk Menjadi Anggota Koperasi

Dengan menjadi anggota koperasi, tentunya Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat nantinya. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan secara langsung adalah bisa mengajukan pinjaman dana. Dana yang diberikan nantinya akan sangat bermanfaat untuk kesejahteraan hidup para anggotanya. Tak heran jika kini semakin banyak orang yang ingin bergabung dengan koperasi.

Berikut ini adalah syarat untuk menjadi anggota koperasi :

  • Berstatus Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)

Untuk bisa mengajukan pinjaman di koperasi, tentunya syarat utama adalah harus merupakan seorang Warga Negara Indonesia atau WNI. Dengan berstatus sebagai WNI, akan memudahkan untuk pengolahan data dan pencairan dana.

  • Keanggotaan Bersifat Perorangan

Pinjaman diperbolehkan untuk keanggotaan yang bersifat perorangan. Oleh sebab itu, jika keanggotaan tercatat sebagai badan hukum maka belum bisa untuk mengajukan pinjaman. Koperasi ditujukkan untuk menyejahterakan para anggotanya secara perorangan dalam bidang ekonomi.

  • Melakukan Pembayaran Simpanan Pokok dan Wajib

Dengan membayar simpanan pokok dan wajib akan membuat dana pinjaman nantinya menjadi lancar. Hal ini dikarenakan dana pinjaman tersebut sudah dimodali ketika melakukan pencicilan simpanan pokok dan wajib. Kedua simpanan itu harus dibayarkan oleh para anggota.

  • Menyetujui Berbagai Anggaran yang Ada di Koperasi

Ada beberapa jenis anggaran yang ada di koperasi. Misalnya, anggaran dasar koperasi, anggaran rumah tangga, dan anggaran lainnya. Anggaran-anggaran tersebut harus disetujui oleh para anggota koperasi dan calon peminjam dana agar keberlangsungan koperasi bisa terjaga dengan baik.

Syarat Untuk Mengajukan Pinjaman Dana di Koperasi

Cara-Pengajuan-Pinjaman-di-Koperasi

Jika Anda sudah terdaftar sebagai seorang anggota koperasi, Anda bisa dengan mudah untuk melakukan pengajuan peminjaman dana. Dengan bergabung bersama koperasi, diharapkan akan mudah dalam hal pendataan dan pencairan dana yang nantinya akan dipinjam

Dalam proses mengajukan pinjaman dana ke koperasi, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar. Persyaratan-persyaratan tersebut dibuat dan ditujukkan untuk para calon peminjam dengan maksud agar data mudah untuk dikelola sekaligus mempermudah untuk proses pencairan dana. Lalu, apa saja syarat untuk melakukan pinjaman di koperasi?

Berikut ini adalah syarat untuk melakukan pinjaman dana di koperasi :

  1. Berstatus Anggota Koperasi atau Calon Anggota Koperasi

Dengan bergabung dan mendaftar menjadi anggota koperasi akan memudahkan Anda dalam melakukan peminjaman. Jika Anda belum mendaftar sebagai anggota atau yang biasa disebut sebagai non-anggota koperasi, Anda akan dianggap sebagai calon anggota koperasi dan tetap bisa melakukan pengajuan peminjaman dengan syarat melengkapi dan menyetujui syarat-syarat yang telah diajukan oleh pihak koperasi.

2. Mengisi Serta Menyetujui Isi Formulir Pinjaman

Untuk melakukan proses peminjaman dana, tentunya harus melakukan pengisian mengenai data diri dan data-data lainnya untuk mempermudah proses pengolahan data serta pencairan dana. Oleh sebab itu, para calon peminjam diharuskan untuk mengisi formulir pinjaman serta menyetujui isinya.

3. Menyerahkan Dokumen Lainnya

Tidak hanya mengisi formulir saja, tapi ada juga persyaratan kelengkapan dokumen yang harus untuk Anda penuhi. Untuk bisa mengajukan pinjaman di koperasi, Anda diwajibkan untuk melampirkan foto copy KTP (KTP suami dan istri jika sudah menikah), fotocopy kartu keluarga, slip gaji, rekening listrik, serta agunan. Dengan begitu, pihak koperasi bisa dengan mudah untuk mendata sekaligus mengetahui informasi mengenai legalitas sebagai WNI dan keadaan finansial Anda.

Proses Pengajuan Pinjaman di Koperasi

Jika Anda sudah melengkapi dan menyelesaikan persyaratan yang diminta, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman dengan proses :

  • Membuat Proposal Tujuan Dana

Anda harus melengkapi prosedur pengajuan peminjaman dana ini dengan cara membuat proposal tujuan dana. Misalnya, dana tersebut akan digunakan untuk menjadi modal bisnis atau usaha lainnya.

  • Menunggu Pertimbangan Pihak Koperasi

Jika sudah membuat dan menyerahkan proposal, Anda tinggal menunggu pertimbangan dari koperasi. 

  • Pencairan Dana

Jika peminjaman dana disetujui, maka dana bisa dicairkan. Pencairan dana serta pengembalian dana nantinya akan disesuaikan dengan kesepakatan akad pada pinjaman koperasi.

Berbagai Tipe Bunga Pada Pinjaman Koperasi

Bunga yang dipatok oleh koperasi memiliki bunga yang sangat rendah jika dibandingkan dengan lembaga yang menyediakan peminjaman lainnya. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi para calon peminjam karena tidak perlu khawatir tagihan akan membengkak.

Berikut ini adalah berbagai tipe bunga pada pinjaman koperasi :

  • Bunga Flat

Bunga flat atau bunga datar merupakan jenis bunga yang diberlakukan pada peminjaman jangka pendek. Perhitungan bunga akan selalu sama setiap bulan.

  • Bunga Menurun

Merupakan jenis bunga yang dipengaruhi pinjaman pokok. Misalnya, jika Anda mengajukan peminjaman dengan nominal yang kecil, maka bunga pun akan kecil.

  • Bunga Menurun Efektif

Adalah jenis bunga yang dihitung dari saldo akhir per bulan. Bunga akan semakin menurun setiap bulan.  Berbagai jenis bunga pinjaman di koperasi ini tentunya menguntungkan untuk para peminjam.

Begitulah syarat dan cara pengajuan pinjaman di koperasi sampai saat ini. Jika dikemudian hari ada cara lain pasti akan kami tambahkan kalau ada perubahan di kemudian hari. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya dengan menuliskan pertanyaan kalian di kolom komentar atau langsung bertanya langsung melalui email di contact us kami.

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply