Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Keluarga

Perkembangan asuransi kesehatan di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat, baik dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap kesehatan maupun dari bertambahnya perusahaan penyedia layanan asuransi kesehatan serta produk yang ditawarkan. Hal tersebut tentunya semakin memudahkan masyarakat dalam memilih  asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga.

Banyaknya alternatif yang bisa dipilih memang menjadi keuntungan yang bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat dari bertambah banyaknya perusahaan penyedia layanan asuransi kesehatan. Karena bertambahnya jumlah perusahaan membuat persaingan bisnis semakin ketat sehingga perusahaan yang saling berkompetisi dalam memperebutkan pasar  akan berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga

Disinilah kesempatan bagi Anda dalam menyeleksi berbagai perusahaan yang ada untuk selanjutnya memilih asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga. Karena bagaimanapun juga setiap polis yang dikeluarkan oleh perusahaan pasti berbeda dan masing-masing memiliki keunggulan.

Bagi Anda yang berencana untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seisi rumah, berikut tips dalam memilih  asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga.

Pertimbangkan Kebutuhan dan Jenis Perlindungan

Sebelum menentukan jenis produk dan perusahaan asuransi yang akan dipilih, hitung terlebih dahulu kebutuhan dan jenis perlindungan agar pembelian asuransi bisa memberikan manfaat yang maksimal.

Cermati secara detail jenis-jenis layanan yang ditawarkan perusahaan asuransi, karena beberapa perusahaan asuransi selain menawarkan layanan standard juga memiliki layanan tertentu.

Untuk dapat memperoleh layanan tertentu memang harus mengeluarkan biaya tambahan premi. Tetapi keuntungan yang bisa diperoleh adalah layanan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan. Agar premi yang dibayarkan tidak terlalu besar, pilih layanan tertentu yang benar-benar dibutuhkan.

Hitung Anggaran

asuransi kesehatan terbaik keluarga

Menghitung anggaran keuangan wajib dilakukan sebelum menentukan jenis produk dan perusahaan asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga yang akan dipilih. Hal tersebut disebabkan karena dengan membeli asuransi Anda tidak hanya sekali membayar, melainkan terus menerus mengeluarkan anggaran secara berkala dan dalam kurun waktu yang lama.

Jangan sampai karena adanya tambahan beban keuangan untuk membayar premi secara berkala, membuat keuangan keluarga terganggu. Untuk mengukur kemampuan dalam pembayaran premi itulah Anda harus membuat simulasi pembayaran. Jika merasa kesulitan dalam melakukan simulasi pembayaran, Anda dapat meminta bantuan kepada agen asuransi.

Buat Perbandingan

Sebagaimana disebutkan di atas, banyaknya perusahaan asuransi kesehatan selain membuat jenis program asuransi yang ditawarkan semakin beragam juga menciptakan kompetisi antar perusahaan asuransi yang berujung dengan saling berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

Karena masing-masing perusahaan memiliki keunggulan yang berbeda dengan perusahaan yang lain, maka agar bisa mendapatkan asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga, lakukan perbandingan antara perusahaan yang satu dengan yang lain.

Ketahui Kredibilitas Perusahaan

Pertimbangan lain yang tidak boleh dilupakan dalam memilih perusahaan asuransi adalah kredibilitas perusahaan. Untuk itu Anda harus mencari informasi yang lengkap dan akurat terkait kinerja serta layanan yang selama ini dilakukan oleh perusahaan asuransi, baik informasi secara langsung dari mereka yang pernah menggunakan layanan perusahaan tersebut maupun dari sumber yang lain seperti browsing di internet.

Pastikan perusahaan yang akan Anda pilih memiliki kredibilitas yang baik di mata masyarakat, karena jika yang Anda pilih perusahaan dengan reputasi yang buruk maka akan berisiko terhadap munculnya sejumlah kerugian disebabkan oleh tindakan tidak profesional yang dilakukan perusahaan tersebut.

Pelajari Sistem Klaim yang Diterapkan

asuransi kesehatan terbaik keluarga

Dalam memilih asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga Anda wajib mempelajari sistem klaim yang diterapkan oleh perusahaan asuransi. Terdapat dua sistem yang diberlakukan oleh perusahaan asuransi kesehatan, yaitu sistem cashless (memakai kartu peserta) dan sistem reimbursement.

Sistem cashless memudahkan peserta asuransi karena untuk bisa memperoleh layanan rumah sakit cukup dengan membawa dan menunjukkan kartu keanggotaan asuransi kepada pihak rumah sakit tanpa perlu melakukan deposit untuk bisa memperoleh layanan rawat inap sehingga pengobatan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Sedang sistem reimbursement harus melakukan deposit terlebih dahulu waktu rawat inap dan harus melunasi biaya pengobatan. Setelah selesai perawatan, barulah mengajukan klaim kepada pihak asuransi dengan melampirkan kwitansi pembayaran agar bisa memperoleh ganti.

Sistem reimbursement tentunya lebih merepotkan dibanding cashless, karena itu pilihan asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga adalah yang menggunakan sistem cashless.

Pilih Jenis Asuransi untuk Satu Keluarga

Pada saat Anda bermaksud membeli asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga, ada dua jenis produk asuransi yang dapat dipilih yaitu produk dengan hanya satu polis asuransi yang berlaku untuk seluruh anggota keluarga dan produk yang menerapkan satu polis untuk satu orang.

Diantara dua pilihan tersebut, pilihlah produk satu polis asuransi untuk seluruh anggota keluarga, karena pembayaran premi jatuhnya lebih murah. Hal tersebut disebabkan karena asuransi kesehatan, utamanya jenis unit link, merupakan rider atau asuransi tambahan dari asuransi jiwa.

Sehingga produk utama dari perusahaan asuransi tersebut adalah asuransi jiwa yang harus dibeli oleh seluruh anggota keluarga ditambah rider berupa asuransi kesehatan untuk masing-masing anggota keluarga.

Nilai premi yang harus dibayar menjadi lebih mahal, karena seluruh anggota keluaga diikutsertakan dalam asuransi jiwa. Berbeda jika membeli khusus asuransi kesehatan untuk satu keluarga sementara untuk asuransi jiwa hanya untuk Kepala Keluarga atau pencari nafkah utama.

Pelajari Persyaratan Rawat Inap

Perlu dipahami bahwa tidak semua kasus rawat inap yang dijalani peserta asuransi bisa diajukan klaim. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi peserta agar dapat mengklaim asuransi pada saat menjalani rawat inap. Untuk itu pelajari dan pahami persyaratan tersebut sebagai salah satu bahan perbandingan dalam memilih perusahaan asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga.

Ada sejumlah perusahaan asuransi yang hanya mau mengganti biaya rawat inap jika dilakukan di rumah sakit, sehingga jika rawat inap dilakukan di klinik, maka peserta asuransi harus menanggung sendiri biaya rawat inap tersebut. Rumah sakit yang dimaksud itupun adalah rumah sakit-rumah sakit tertentu yang telah menjalin kerjasama dengan pihak asuransi.

Karena itu, tanyakan secara detail rumah sakit mana saja yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi. Semakin luas jaringan asuransi maka akan semakin banyak pula rumah sakit yang diajak bekerjasama sehingga semakin menguntungkan peserta asuransi.

Ada juga asuransi yang menetapkan batas minimal peserta dapat mengklaim biaya rawat inap jika menjalaninya lebih dari 2 hari. Sehingga jika hanya rawat inap sehari maka tidak bisa mengajukan klaim.  Namun, tidak sedikit perusahaan asuransi yang sudah memperbolehkan peserta asuransi mengajukan klaim rawat inap begitu masuk ruang UGD selama sekian jam, tanpa harus masuk kamar terlebih dahulu. Berbagai persyaratan terkait rawat inap tersebut tentunya juga harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih perusahaan asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga.

Pilih Perusahaan yang Menerima Double Claim

Progran Jaminan Kesehatan Nasional yang digulirkan pemerintah membuat hampir semua orang saat ini memiliki jaminan kesehatan. Namun demikian tidak sedikit yang merasa belum puas sehingga membeli lagi asuransi kesehatan tambahan.

Persoalannya, pihak rumah sakit hanya dapat mengeluarkan satu kwitansi asli, sehingga klaim yang dilakukan terhadap asuransi kesehatan tambahan, bisa terancam gagal. Disinilah pentingnya memilih perusahaan yang dapat menerima double claim, atau mau menerima kwitansi legalisir untuk mengajukan klaim. Demikian tips dalam memilih asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga, guna memberikan perlindungan kesehatan bagi orang-orang yang Anda cintai.

Gravatar Image
Penulis dan praktisi keuangan yang menyukai marketing, IT dan sepakbola. Rutin menulis di Dunia Keuangan dan berbagai media lainnya. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai profesional di dunia keuangan. Situs pribadi: SiminKing.com

Leave a Reply